KUBAH BATU AL-AQSA BUATAN YAHUDI?

KUBAH BATU BUATAN YAHUDI?

Oleh: Ahmad Syahrin Thoriq

Jika kita bertanya tentang Baitul Maqdis atau Masjidil Aqsha di Palestina, maka kita akan dapati adanya dua gambar masjid dengan wujud yang berbeda. Yang satu berkubah kuning keemasan, sedangkan yang satu lagi berkubah hijau keperakan.

Lalu kita jumpai adanya artikel yang menulis bahwa Masjid al Aqsha sebenarnya adalah yang berwarna hijau keperakan, sedangkan yang berwarna kuning emas adalah bangunan yang sengaja dibuat oleh Yahudi untuk mengalihkan perhatian umat Islam terhadap Masjid al Aqsha yang sebenarnya. Benarkah demikian?

Tidak benar. Yang disebut Masjidil Aqsha / Baitul Maqdis adalah semua kompleks yang melingkupi kedua bangunan tersebut. Di ruang lingkup itulah dahulu Rasulullah diisra'kan dan mengimami shalat para Nabi dan Rasul 'alaihumusshalatu wasaalam. (Ingat : jumlah para Nabi itu 124.000 orang)

Adapun mengapa seakan-akan ada dua bangunan masjid yakni Kubah Sakhrah (Dome of The Rock/Kubah Batu berwarna kuning keemasan) dan Kubah Perak di tempat tersebut, itu ada sejarahnya sendiri.

Kubah Syakhrah artinya adalah kubah batu. Dahulu pada masa awal pembukaan Palestina oleh Sayidina Umar, beliau mendapatkan informasi dari pendeta Nasrani tentang sebuah batu yang konon digunakan oleh Nabi shalallahu'alaihi wassalam berpijak ketika di Mi'rajkan.

Agar batu itu tidak diperlakukan istimewa, oleh beliau batu itu kemudian ditutup dengan sebuah bangunan sederhana. Dan nanti pada masa Dinasti Umawiyah, oleh Khalifah Malik bin Marwan dibuat bangunan Kubah Emas seperti yang nampak sekarang ini.

Adapun Kubah Hijau/Perak adalah bangunan yang dibuat sebagai tempat shalat. Umar memerintahkan dibuatkan tempat kiblat secara khusus bagi orang-orang yang akan shalat di komples masjidil Aqsha. Lalu bangunan itu dipugar dan diperbesar hingga seperti yang ada sekarang ini dinamakan Qibly Masjid (Masjid Qiblat).

Jadi baik Kubah Emas ataupun Kubah Perak berikut pelatarannya, keduanya sama-sama Masjidil Aqsha. Justru kalau kita memahami bahwa Masjid al Aqsha hanya yang berkubah perak itu yang keliru, yang boleh jadi inilah yang sebenarnya dari Yahudi untuk mempersempit area Baitul Maqdis yang sesungguhnya.

اللهم اعد المسجد الاقصى الى رحاب المسلمين وارزنا زيارة و صلاة فيه قبل الممات

"Ya Allah kembalikanlah masjidil Aqsha kepangkuan kaum muslimin. Dan karuniakanlah kepada kami rezeki bisa berziarah dan shalat di dalamnya sebelum kami meninggal dunia." 

(fb)