Gaji Guru di Jerman Rp 85 Juta/Bulan (5.700 Euro), Ini Alasannya

Gaji Guru di Jerman diatas Gaji Professor Universitas

Saat ini Gaji Guru di beberapa negrasa bagian di Jerman lebih tinggi dari pada Gaji Professor Universitas. Jerman kekurangan Guru cukup kronis. HeadHunter (tim pencari) mencari tenaga Guru sampai ke luar negeri. 

Para Guru-Guru tua yang pensiun tidak ada penggantinya lagi. Jerman mencari Guru-Guru baru untuk gantikan guru-guru tua yang pensiun. 

Gaji seorang Guru per bulan (bruto, sebelum pajak) sekitar 5.700 Euro (atau Rp 85 juta, kurs 1Euro = Rp 15.000). Ini berarti per tahun 68.500 Euro, jauh diatas standard Gaji normal seorang fresh graduate Insinyur atau Akuntan yang dalam kisaran 40.000 sd 42.000 per tahun!

Sesunggunya ini peluang besar buat Guru di Indonesia. Hanya mungkin masalahnya kualifikasi. Di Jerman sendiri seorang Guru melalui Jenjang Pendidikan di Level Master++, yaitu: Master Plus Pendidikan Profesi Ujian Negara. Selain itu memang kendala Bahasa. 

Jadi, tampaknya peluang jadi Guru di Jerman tetap sulit bisa kita manfaatkan. 

Hanya Gaji Guru diatas Gaji Professor Universitas benar-benar menarik! 


(By Ferizal Ramli)

------

Terjemahan gambar di atas:

5,700 Euro Sebagai Gaji Awal 
Kekurangan guru sangat besar. Beberapa negara bagian federal sekarang membayar guru dengan gaji yang lebih tinggi daripada profesor mereka dan mengirim headhunter ke luar negeri untuk menemukan guru-guru muda.