Demi Bisa Bangun IKN, Pemerintah Akan Sewakan GBK dan Sejumlah Gedung di Jakarta

[PORTAL-ISLAM.ID]  Pemerintah akan menyewakan kawasan Gelora Bung Karno (GBK) untuk tambahan biaya pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Direktur Perumusan Kebijakan Kekayaan Negara DJKN Kemenkeu Encep Sudarwan mengatakan selain GBK, pihaknya juga mengoptimalkan aset/gedung-gedung di Jakarta untuk proyek IKN.

"Jadi bukan hanya aset GBK, aset di Jakarta akan kita optimumkan," ujarnya dalam media briefing, Jumat (22/7).

Saat ini pihaknya sedang melakukan perhitungan nilai gedung-gedung yang nantinya bisa dimanfaatkan atau disewakan kepada pihak lain. 

Termasuk, gedung Kementerian/Lembaga (K/L) yang pegawainya akan dipindahkan ke IKN.

"Kita sedang menyusun sesuai UU. Kami menyusun highest and best uses. Aset di Jakarta, gedung pemerintah akan kita optimumkan kalau ditinggalkan," katanya.

Encep mengatakan aset-aset tersebut tidak akan dijual. Hanya disewakan untuk menambah penerimaan negara bukan pajak (PNBP) yang nantinya untuk proyek tersebut.

Selain disewakan, pemerintah juga memanfaatkan aset melalui kerjasama pihak swasta yang berminat.

"Nanti kalau ada alih properti, contoh di selatan di samping FX ada Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud). Kalau Kemendikbud pindah nanti gedungnya diapakan? Jadi tidak dijual tolong dipahami, tidak dijual, tapi dimanfaatkan," pungkasnya. [CNN]