Seorang gadis cilik Keenar Anindita penderita Thalasemia di Kota Metro Lampung mendapat kunjungan istimewa dari Anies Baswedan

[PORTAL-ISLAM.ID] LAMPUNG - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mewujudkan mimpi seorang gadis berumur sepuluh tahun pengidap thalasemia di Lampung, Sumatera bagian selatan.

Gadis cilik namanya Keenar Anindita Mariska Putri pada akhirnya berjumpa dengan Anies sesudah si ayah sharing di Facebook mengenai impian si putri.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menemui Keenar saat kunjungan ke Lampung pada Jumat lalu (10/6/2022).

“Keenar gadis cilik 10 tahun pengidap thalasemia di provinsi Lampung. Ini hari senang harapannya terkabulkan. Bertemu Pak Anies dan bisa tanda-tangan untuk novel kreasinya yang berjudul ‘A Journey with s Little Vampire’. Ayahnya yang mana merupakan tulis harapan itu di FB, alhamdulilah terkabulkan,” ucap Anggota Team Gubernur untuk Pemercepatan Pembangunan (TGUPP) DKI Jakarta, Tatak Ujiyati lewat Twitter @tatakujiyati pada hari Jumat, 10 Juni 2022.

Tatak mengupload halaman pertama novel kreasi Keenar yang telah dibubuhi tanda-tangan Anies Baswedan.

“Pesan Pak Anies ke Keenar, ‘Tinggikan mimpimu lalu lalui semua mimpi tinggi itu!’,” ujar Anies Baswedan dalam novel itu.
Menurut pembicaraan Tatak, novel kreasi Keenar seolah ajak pembaca untuk tahu pengalaman si penulis cilik itu yang hidup dengan ‘vampir’ kecil di badannya.

Pengidap thalasemia, ujarnya, kebanyakan akan bolak-balik ke rumah sakit untuk lakukan transfusi darah.

Disamping itu, Tatak menyebutkan jika Keenar ikhlas tunda agenda transfusi darah yang semestinya dilaksanakan ini hari.

“Kemauan Keenar berjumpa Pak Anies sangat besar, bahkan juga ikhlas tunda agenda transfusi darah yang semestinya ini hari. Alhamdulillah keinginannya diwujudkan,” ucapnya.

Awalnya, curah hati ayah Keenar yang diupload di Facebook itu mengungkapkan kemauan putrinya untuk berjumpa Gubernur DKI Jakarta itu.

“Ini novel kreasi keenar anindita m.p putri kecintaan kami. Insha allah akan dirilis tgl 10 Juni esok. Karya tulis ini dibikin sepanjang dua bulan, yang sarat dengan perjuangan dari mondok di rumah sakit sampai di perjalanan mudik ke jogja,” kata akun Pak Dhe yang merupakan ayah Keenar Anindita.

Thalasemia

Thalasemia adalah kelainan darah karena kurangnya hemoglobin (Hb) yang normal pada sel darah merah. Kelainan ini membuat penderitanya mengalami anemia atau kurang darah.

Thalasemia terjadi akibat kelainan genetik yang diturunkan. Artinya, kondisi ini sudah bisa terjadi sejak masa kanak-kanak. Umumnya, gejala awal yang akan muncul adalah gejala anemia, yang menimbulkan keluhan cepat lelah, mudah mengantuk, hingga sesak napas.

Thalasemia adalah penyakit jangka panjang yang memerlukan perawatan seumur hidup. Penderita thalasemia perlu menjalani transfusi darah berulang untuk menambah sel darah yang kurang. Sedangkan pada penderita thalasemia berat, dokter akan menganjurkan prosedur transplantasi sumsum tulang.

Thalasemia tidak dapat dicegah, karena kelainan ini diturunkan secara genetik. Untuk mencegah agar thalasemia tidak menurun ke anak, pasangan yang akan menikah disarankan berkonsultasi dengan dokter, terutama bagi pasangan yang keluarganya menderita thalasemia.

Semoga Allah memberikan Keenar kekuatan & kesehatan. Amin.