ASAL MULA BANI ISRAIL

ASAL MULA BANI ISRAIL

Jaman dulu standar kesolehan sebagai calon menantu idaman itu masih berlaku.

Nabi Yakub menemui pamannya (saudara dari Ibunya Ribka/Rebecca) untuk diminta dinikahkan dengan salah satu dari kedua anak perempuan-nya. 

Pamannya memberi syarat Nabi Yakub harus kerja kepada pamannya untuk mengurusi ternaknya selama 7 tahun sebagai mahar.

Dengan ketekunan Nabi Yakub, peternakan Pamannya ini makin berkembang sehingga membuat Pamannya ini kaya.

Setelah 7 tahun, sesuai kesepakatan Nabi Yakub dinikahkan dgn salah satu Putrinya. Nabi Yakub meminta untuk dinikahkan dgn Rachel, anak kedua yg sangat cantik.

Namun besoknya setelah hari pernikahan, Nabi Yakub kaget ternyata yg jadi Istrinya bukanlah Rachel, tapi kakaknya Lea!

Nabi Yakub pun protes kepada Pamannya, knp malah menikahkan-nya sama Kakaknya, sementara kemaren requestnya kan di nikahkan sama Rachel?

Pamannya berkata "Ooo,.. dalam tradisi kami ga bisa anak kedua nikah sebelum kakaknya nikah! Jadi ya harus nikah dulu Kakaknya baru nanti adiknya boleh nikah".

Kesepakatan barupun terjadi, Nabi Yakub diminta untuk bekerja lagi sama Pamannya 7 tahun sebagai mahar untuk menikahi Rachel.

Eh, pahami dulu yah, kalo zaman itu ga ada syariat yg melarang menikahi kakak beradik, jadi di zaman itu boleh! Beda dgn syariat yg di bawa Nabi Muhammad yg melarang umatnya menikahi Kakak Adik!

Setelah 7 tahun berlalu, Nabi Yakubpun menikahi Rachel.

Dari istri yg pertama Nabi Yakub dikaruniai 7 anak: Ruben, Simon, Levy, Yehuda, Isakhar, Zebulon dan anak perempuan Dyna

Namun setelah menikah beberapa tahun Rachel (istri ke-2) belum juga bisa memberikan anak.

Di zaman itu lazim jika seorang istri sebagai bentuk penghormatan, menawarkan budaknya untuk dijadikan istri buat suaminya. Karena Rachel ga bisa memberikan anak maka ia menawarkan budaknya yg bernama Bilha untuk di peristri Nabi Yakub.

Lea istri pertamanyapun ternyata ga mau kalah maka ditawarkannya jugalah budaknya yg bernama Zulfa untuk di nikahkan juga dgn Nabi Yakub.

Dari Bilha Nabi Yakub diberikan 2 orang anak Dan dan Naphtali, sementara dari Zulfa juga 2 anak, Gad dan Asher.

Namun setelah beberapa tahun berlalu Rachel masih juga belum dikaruniai anak. Sementara Rachel ini adalah Istrinya Nabi Yakub yg paling dicintainya dan kepengen banget punya anak darinya.

Rachelpun berdoa kpd Allah agar dikaruniai anak, begitupula dgn Nabi Yakub.

Allahpun mendengar doa keduanya, maka dari Rachel inilah lahir Yusuf, yg kelak akan menjadi Nabi. Namun Rachel meninggal ketika melahirkan Benjamin (adiknya Yusuf). Ga heran Nabi Yusuf ganteng banget, Ibunya aja Cantik banget!

Nah, jadi disini bisa paham kan, kenapa Nabi Yakub lebih condong sayangnya lebih ke Nabi Yusuf dan Benjamin yg menyebabkan ke-10 anaknya iri banget sama Nabi Yusuf ketika kecil.

Btw. sekedar Info, setelah 20 tahun di peternakan pamannya dan menghasilkan banyak sekali ternak, Nabi Yakub dengan semua Istri dan Anaknya meninggalkan peternakan Pamannya untuk membuat kelompoknya sendiri.

Dengan kekayaan yg dimiliki itulah kemudian Nabi Yakub membangun Rumah Allah atau Bait Allah atau yang kita kenal sekarang sebagai Baitul Maqdis di Palestina.

Atas ketakwaannya Allah memberi gelar Nabi Yakub sebagai Israil, Isra = Hamba, Eli = Tuhan yg kalo dalam bahasa Arab Abdullah atau Hamba Allah.

Dan kabilahnya bernama Bani Israil.

*Sumber: wikipedia, google, youtube ceramah tentang asal mula bani Israil / Nabi Yakub. 

(fb)