Kenapa Kebanyakan Pembali Tiket Formula E Jakarta Orang Asing? Dari Turki hingga Italia

[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Pembeli tiket Formula E Jakarta yang akan diselenggarakan 4 Juni 2022 mayoritas warga negara asing (WNA).

Berdasarkan data panitia, warga negara Indonesia (WNI) yang membeli tiket Formula E hanya 21,2 persen, sedangkan WNA 78,8 persen. 

Merujuk data, WNA yang terbanyak membeli tiket Formula E adalah WNA asal Australia dan Jepang dengan sebaran masing-masing 9,1 persen. 

Kemudian, diikuti WNA Filipina, India, Britania Raya, Amerika Serikat, dan Italia dengan masing 6,1 persen. 

Berikutnya, Malaysia, Argentina, Turki, Polandia, Norwegia, Tunisia, dan Guatemala masing-masing 3 persen.

Dari keseluruhan kelas tiket yang dijual, Panitia Formula E mengatakan tiket untuk kelas VIP yang dijual seharga Rp 2.000.000 sampai Rp 3.000.000 bahkan sudah habis terjual.

Kenapa Kebanyakan Pembali Tiket Formula E Jakarta Orang Asing?

Sekretaris Komisi D DPRD DKI Jakarta Syarif menyebut hal itu lumrah.

Minat warga lokal bisa dikatakan lebih rendah karena balapan Formula E ini tergolong baru bagi masyarakat Indonesia, termasuk mereka yang merupakan penggemar otomotif.

"Menurut saya sih lumrah saja, karena itu kebanyakan kelompok-kelompok hobi dan dia biasa nonton, jadinya yang pesan itu ludes yang VIP," kata Syarif saat dihubungi di Jakarta, Minggu.

"Otomotif itu banyak kok penggemarnya, apalagi di dalam negeri, Formula E itu baru, sehingga tidak segelegar F1 atau moto GP gitu ya," ucapnya.
(📸: Instagram/jakartaeprixofficial)