Jelang Akhir Masa Tugas, Pengamat Sebut Anies Torehkan Sejarah Baru di Jakarta, Apa Itu?

[PORTAL-ISLAM.ID]  Kepemimpinan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta menyisakan lima bulan, tepat bulan Oktober 2022 masa jabatannya berakhir.

Direktur Executive Partner Politik Indonesia, AB Solissa mengatakan catatan manis Anies Baswedan selama memimpin Jakarta sangat banyak dan menjadi satu-satunya Gubernur DKI Jakarta yang mampu meraih prestasi dalam jumlah banyak dengan waktu yang singkat.

“Legacy Anies di Jakarta banyak sekali. Bisa dibilang satu-satunya Gubernur yang pernah memimpin Jakarta dalam kurun waktu lima tahun yang mampu mendulang prestasi dalam jumlah banyak adalah Anies,” kata Solissa kepada KBA News di Jakarta, Kamis, 26 Mei 2022.

Menurut Solissa, pembangunan infrastruktur di masa kepemimpinan mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu sangat banyak, dari transportasi hingga penataan jalan-jalan di Kota Jakarta yang kemudian membuat wajah Jakarta berubah drastis dari sebelumnya.

“Infrastruktur di era Anies berlimpah. Dari penataan kota, pembangun transportasi yang terintegrasi yang menempatkan nama Anies masuk dalam jajaran pahlawan transportasi dunia 2021 atau 22 Herois 2021 dari Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI),” ucapnya.

“Anies juga sukses membangun proyek mercusuar seperti Jakarta International Stadium (JIS) yang menjadi kebanggaan masyarakat Jakarta dan Indonesia,” sambungnya.

Selain pembangunan infrastruktur, Anies juga berhasil menjadikan Jakarta sebagai kota demokratis di Indonesia, yang sebelumnya Jakarta diprediksi akan hancur seperti negara-negara Timur Tengah oleh lawan-lawan politiknya.

“Legacy Anies lainnya adalah dia mampu mempersatukan masyarakat Jakarta yang terpolarisasi pascapilkada DKI Jakarta 2017 dengan berbagai program pembangunan dan pemberdayaan. Ia menghimpun berbagai simpul perbedaan menjadi satu entitas warga Jakarta,” jelasnya.

Lebih jauh Solissa, Anies mampu menghadirkan kesetaraan bagi seluruh pemilik agama di Ibu kota negara.

Hal itu, kata Solissa dilakukan oleh Anies dengan cara memberikan dukungan penuh kepada setiap kegiatan umat beragama di Jakarta.

“Anies juga men-support berbagai aktivitas keagamaan di Jakarta tanpa terkecuali. Islam, Kristen, Hindu Budha dan Khonghucu semuanya di-support oleh Anies,” pungkasnya. (kba)