Epidemolog Yakin Anies Baswedan Bisa Memimpin Indonesia Lebih Baik

[PORTAL-ISLAM.ID]  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah berbahagia karena memasuki usia yang genap 53 tahun pada hari ini, Sabtu 7 Mei 2022.

Mendahului totoh-tokoh lainnya, ahli epidemiologi dr. Pandu Riono mengucapkan selamat hari jadi kepada Anies Baswedan. Ucapan untuk Anies, menjadi satu bagian dengan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin yang berulang tahun pada Jumat (6/5) kemarin.

"Selamat ulang tahun @BudiGSadikin tanggal 6 Mei dan juga @aniesbaswedan tanggal 7 Mei, dua Pemimpin keren yang telah berkontribusi pada pengendalian pandemi di Indonesia," tulis Pandu seperti dikutip Kantor Berita RMOLJakarta melalui akun Twitter miliknya.

"Keduanya bisa memimpin Indonesia yang lebih baik, lebih sejahtera. Semoga selalu sehat dan konsisten dengan cita-cita luhur," sambung Pandu Riono.

Anies Baswedan lahir di Kuningan, Jawa Barat, pada 7 Mei 1969, dengan nama lengkap Anies Rasyid Baswedan. Dia menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sejak 16 Oktober 2017, setelah mengalahkan pasangan Ahok-Djarot di putaran kedua Pilkada DKI 2017.

Ia dikenal sebagai pencetus Indonesia Mengajar, sebuah gerakan bagi generasi muda untuk direkrut sebagai pengajar muda di Sekolah Dasar dan masyarakat selama satu tahun. Anies merupakan cucu dari Abdurrahman Baswedan.

Di bidang akademisi, Anies pernah menjabat Rektor Universitas Paramadina selama delapan tahun. Pada 27 Oktober 2014, ia diberikan mandat oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di dalam kabinetnya.

Masa tugasnya berakhir ketika Jokowi menunjuk Muhadjir Effendy sebagai pengganti Anies pada tanggal 27 Juli 2016. 

Anies Baswedan akan berakhir masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Oktober 2022 ini.

Anies kini digadang-gadang bakal menjadi Presiden RI 2024.

*Ket. Foto: Anies Baswedan bersama Duta Besar Jerman H.E. Ina Lepel, saat mengunjungi lokasi Jakarta Future City Hub di Jakarta Box Tower, Kamis (5/5/2022).