Buzzer Langsung Meriang... Pengakuan Ketua DPD Walubi: Tingginya Toleransi di Jakarta, Ikhtiar Nyata Gubernur Anies

[PORTAL-ISLAM.ID]  JAKARTA - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) DKI Jakarta menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Anies Baswedan atas ucapan peringatan Hari Raya Waisak 2566 BE.

“Kami dari Walubi DKI Jakarta mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan Pemprov DKI Jakarta kepada kami umat Buddha,” kata Ketua DPD Walubi DKI Jakarta Jandi Mukianto dihubungi KBA News, Senin, 16 Mei 2022.

Menurut Jandi, tingginya toleransi dan rasa kesetaraan antarumat beragama di Jakarta tentunya tidak serta merta muncul.

“Tingginya toleransi dan kesetaraan itu (muncul) dari ikhtiar nyata Bapak Gubernur Anies Baswedan agar umat dan tokoh-tokoh agama di Jakarta mendapatkan ruang untuk menyampaikan keyakinan masing-masing,” ujar dia.

Jandi mengungkapkan bahwa “Jalan Kebijaksanaan Menuju Kebahagiaan Sejati” adalah tema Waisak tahun ini. Tema itu sesuai dengan kondisi saat ini, yaitu masyarakat telah mengalami dan menjalani pandemi Covid-19 bersama-sama selama dua tahun terakhir.

“Diperlukan kebijaksanaan dari umat beragama agar dengan berlaku sesuai ajaran agama, kita dapat menerima kondisi saat ini sehingga dapat mencapai kebahagiaan,” katanya.

Sebelumnya, di tengah kunjungan ke sejumlah negara di Eropa, Gubernur Anies Baswedan menyampaikan ucapan selamat memeringati Hari Raya Waisak 2566 BE yang jatuh pada Senin, 16 Mei 2022.

Lewat akun instagram @aniesbaswedan, Anies mengunggah ucapan selamat kepada seluruh umat Buddha yang tengah merayakannya.

“Kepada seluruh umat Buddha, khususnya di Jakarta, selamat memeringati Hari Raya Waisak 2566 BE,” ujar dia.

Anies berharap, peringatan Hari Raya Waisak serta umat Buddha yang tengah melakukan ibadah di vihara menjadi langkah menumbuhkan kebersamaan antarumat beragama.

“Semoga makin menumbuhkan perasaan kebersamaan, persatuan, kedamaian, dan keteduhan kepada semuanya,” katanya. (kba)