Unggul Lagi! Elektabilitas Duet Anies-AHY Capai 80,8 Persen

[PORTAL-ISLAM.ID]  Wacana menduetkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Pilpres 2024 masih ramai menghiasi perbincangan publik jagat media sosial, khsususnya di Twitter.

Setelah unggul dalam survei simulasi pasangan Capres-Cawapres 2024 yang dirilis Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Kamis, 7 April 2022 lalu, duet Anies-AHY juga unggul pada polling Twitter yang dibuat Juru Bicara Sobat Anies, Maudy Asmara.

“Polling yuk guys…Siapa jagoan cawapres mu? 🤔 RT ya biar makin banyak yang ikutan vote 🤭,” tulis Maudy mengawali polling di akun Twitter pribadinya @Mdy_Asmara2701 dikutip KBA News dari Jakarta, Senin, 18 April 2024.

Pada polling tersebut, Maudy menduetkan Gubernur Anies dengan sejumlah tokoh yang namanya ikut muncul di permukaan survei, seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno.

Dari sekian tokoh yang diharapkan menjadi cawapres pendamping Gubenur Anies, nama AHY dianggap paling layak dengan tingkat dukungan mayoritas mencapai 80,8 persen dari total 4,958 votes.

Sementara voters yang mendukung duet Anies-Ganjar hanya berada diangka 2,7 persen dan Anies-Khofifah 4,7 persen. Menariknya, dukungan terhadap duet Anies-Sandiaga pada polling ini cukup besar meski tidak sesignifikan Anies-AHY.

Dari total 4,958 voters, sebanyak 11,8 persen diantaranya menjatuhkan dukungan terhadap duet Anies-Sandiaga untuk memimpin Indonesia menggantikan kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma’ruf Amin yang akan purna tugas di 2024.
(kba)