Masya Allah... Sholat Tarawih kembali digelar di Masjid Ayasofya setelah 88 tahun 😍 Allahu Akbar!

[PORTAL-ISLAM.ID]  ISTANBUL - Sholat Tarawih kembali digelar di Masjid Ayasofya Istanbul (dulunya Konstantinopel) setelah 88 tahun 😍 Allahu Akbar!

Shalat Tarawih malam pertama dilakukan tadi malam di Masjid Ayasofya (Hagia Sophia) Istanbul, Jumat, 1 April 2022 yang menandakan awal Ramadhan 1443 H. 

Sebelumnya, Badan Keagamaan Turki mengumumkan pada Kamis, 31 Maret 2022, bahwa umat muslim bisa melaksanakan salat tarawih di Hagia Sophia, Istanbul. Izin salat ini jadi yang pertama setelah 88 tahun.

"Insya Allah momen indah ini akan saya saksikan dengan memimpin salat tarawih pertama," kata Imam Ali Erbas yang menjabat Kepala Diyanet, badan publik yang bertanggung jawab untuk mengawasi ibadah keagamaan, dilansir dari CNA, Jumat, 1 April 2022.

Seperti diketahui, pada 24 Juli 2020 lalu, Presiden Erdogan mengembalikan Hagia Sophia menjadi masjid lagi setelah diubah menjadi Museum pada tahun 1934. Langkah tersebut sempat memicu gelombang kritik dari Barat.

Meski bangunan ikonik yang sebelumnya digunakan sebagai museum ini, sudah diubah menjadi masjid pada 2020, namun pandemi Covid-19 membuat shalat di sana belum bisa dilaksanakan sampai kemudian kembali dibuka sekarang.

Hagia Sophia pertama kali dibangun sebagai gereja katedral Kristen antara tahun 532 dan 537 M di bawah Kaisar Justinian I. Bangunan ini dianggap sebagai struktur Bizantium yang paling penting.

Setelah penaklukan Ottoman yang dipimpin Sultan Muhammad Al-Fatih atas Konstantinopel (sekarang Istanbul) pada tahun 1453, Hagia Sophia diubah menjadi masjid, sebelum dibuka sebagai museum pada tahun 1934 setelah republik Turki modern yang sekuler didirikan pada tahun 1923. 

*Catatan: Shalat di Masjid Hagia Sofia memang sama seperti shalat di masjid-masjid lain, tak ada keutamaan sebagaimana shalat di Haramain, hanya saja ia memiliki catatan sejarah yang mampu hadirkan kesyahduan. Islam dan kaum muslimin pernah berjaya disini, membuat semua kekuasaan manusia di seluruh dunia tunduk.

(Sumber: DailySabah, TRT)

[Video Shalat Tarawih perdana tadi malam di Masjid Ayasofya]