Kenapa Cak Nun Akhirnya Mau Diundang PDIP?

Body
[Catatan Darmanto MS @darmurisiwi]

Satu hal yang berusaha saya pahami dari momentum tadi. Bahwa, Cak Nun 'ora mentolo' menolak terus-terusan permintaan Bu Mega untuk memberikan masukan, bahkan kritikan kepada DPP @PDI_Perjuangan @puanmaharani_ri.

Kita tahu, 4-5 tahun sudah permintaan itu secara langsung beberapa kali dilayangkan namun Mbah Nun menolak atau menunda, menunggu waktu yang tepat.

Terus terang kita semua kaget, setelah 2 tahun terakhir tidak Maiyahan secara langsung sebab pandemi tiba-tiba sekalinya ada info Maiyahan di Kandang Banteng. Banyak yang bertanya, berspekulasi macam-macam.

Lantas, kenapa harus Mbah Nun yang diminta Bu Mega untuk memberikan masukan? Kita tahu, sering kali pernyataan beliau, kalimat-kalimat beliau sangat lugas, dan agak bikin kuping terasa merah ketika mendengarnya terkait penyelenggaraan negara. Apa yang diharapkan Bu Mega?

Saya berhusnudzon barangkali sama halnya dengan Pak Harto zaman dulu (dulu sebelum lengser Pak harto juga memanggil Cak Nun -red), Bu Mega pun masih memiliki anggapan yang sama, bahwa “Mbah Nun tidak punya pamrih apalagi ambisi terhadap kekuasaan.”

*Dari twit @darmurisiwi
Baca juga :