Detik-Detik Yusuf Mansur Dicecar Hotman Paris Soal Uang Jemaah

[PORTAL-ISLAM.ID]  Pengacara kondang, Hotman Paris Hutapea, mencecar Ustaz Yusuf Mansur yang dianggap sering meminta sedekah dari jemaahnya dengan cara paksa. Pertanyaan menohok disampaikan Hotman dalam talkshow-nya yang mengundang Yusuf Mansur beberapa waktu lalu. Yusuf Mansur pun menegaskan tak sedikit pun memakan duit sedekah Jemaah.

Selama ini warganet memang bertanya-tanya soal tujuan dan muara sedekah yang dikumpulkan Yusuf Mansur. Tak sedikit yang khawatir dana umat tersebut justru diselewengkan. Hotman pun seakan mewakili rasa penasaran warganet ketika menanyakan hal itu secara langsung pada Yusuf Mansur. “Jadi duit sedekah itu bapak kemanain?” tanya Hotman Paris dilansir dari channel YouTube Official iNews.

Yusuf Mansur lantas memberi penjelasan bahwa barang-barang sedekah tersebut diurus panitia pengajian. Dia mengaku tak tahu menahu peruntukan uang tersebut selanjutnya. “Ya itu terserah panitia yang punya acara yang ngundang saya,” ujar Yusuf Mansur santai.

Ayah Wirda Mansur ini meminta warga tak curiga berlebihan dengan upayanya menghimpun sedekah. Dia kemudian menantang para jemaahnya yang menuduh ia memakan uang sedekah untuk membuktikan hal tersebut. Yusuf Mansur rela melepas profesi sebagai ustaz apabila terbukti memakan uang sedekah.

“Nih buat semua yang pernah ngundang saya dari tahun 1999 sampe 2021. Nih bila ada satu saya pasang tarif, dua saya bawa duit Anda, tiga uang sedekahnya saya gondol. Kalau bener [makan uang sedekah] saya langsung berhenti deh gue jadi ustaz. Ngapain sih bawa bawa duit orang,” tukasnya.

Sikap Yusuf Mansur yang mengumpulkan sedekah dengan kesan memaksa turut menjadi perhatian para pendakwah lain. Ustaz AA Gym mewanti-wanti para jemaah hati-hati apabila dimintai sedekah oleh Yusuf Mansur. “Hati-hati ya, kalau dengar ceramah beliau, bisa habis harta kita,” kata Aa Gym dikutip dari unggahan @viral62, Rabu (13/4/2022).

Aa Gym lantas membuat percakapan imajiner antara dirinya dengan sang Ustaz. Dalam pembicaraannya, harta selain uang pun dipertanyakan. “Aa punya apa? Ayo punya rumah yang paling bagus nggak? (kalau) ada, sedekah kan,” kata si Ustaz kepada Aa Gym. “Iya ustaz,” jawab Aa Gym. Si Ustaz kembali menggaungkan, “pokoknya harta Aa yang disukai, sedekahkan! Punya mobil lepaskan, tanah yang puluhan tahun ada?” Aa Gym pun membayangkan jika semua asetnya itu disedekahkan, maka hilang lah tabungan-tabungan itu tanpa sisa.[suara]