Ukraina Memuji Kehebatan Drone Buatan Turki, Konvoi Militer Rusia Diluluhlantakan Oleh Drone Bayraktar

[PORTAL-ISLAM.ID]  Duta Besar Ukraina untuk Ankara, Vasyl Bodnar, kemarin (Minggu, 27/2/2022) mengatakan bahwa drone Bayraktar Turki sangat efisien dalam pertempuran negara itu melawan pasukan Rusia, lapor Reuters.

Turki menjual beberapa drone tempur Bayraktar TB2 ke Ukraina, yang di masa lalu digunakan untuk melawan separatis yang didukung Rusia di Ukraina timur.

Pada hari Sabtu (26/2/2022), video menunjukkan konvoi militer Rusia dihancurkan oleh drone Bayraktar buatan Turki di kota Kherson.

Video tersebut juga mengungkapkan peran drone Turki dalam menghadapi pasukan Rusia di Ukraina.

The Washington Post baru-baru ini melaporkan bahwa penggunaan drone Bayraktar oleh tentara Ukraina adalah pesan ke Rusia bahwa Kyiv memperkuat persenjataannya untuk membawa kemungkinan perubahan dalam keseimbangan militer di wilayah tersebut.

Desember lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengangkat masalah penggunaan pesawat tak berawak buatan Turki di Ukraina selama panggilan telepon dengan timpalannya dari Turki Recep Tayyip Erdogan. Dia menggambarkannya sebagai "perilaku destruktif" dan "aktivitas provokatif".

Namun, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan bahwa Ankara tidak bertanggung jawab atas penggunaan senjata ini oleh Ukraina. 

Turki hanya menjual drone. Soal penggunaan itu tanggungjawab pihak yang memilikinya, bukan pihak pembuat. Hehehe...


[Video]