Tifatul Bikin Pantun Sindiran soal Dukungan Jokowi 3 Periode, 'Ibu-Ibu Tak Dapat Dirayu, Kades pun Jadi'

[PORTAL-ISLAM.ID]  Wacana penundaan Pemilihan Umum  (Pemilu) 2024 hingga dukungan terhadap Presiden Jokowi untuk menambah masa jabatan masih menuai pro dan kontra.

Kali ini Kepala Desa (Kades) yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) dikabarkan mendukung Presiden Jokowi 3 periode.

Apdesi menyatakan akan mendeklarasikan dukungan Presiden Jokowi 3 periode setelah lebaran.

Mengetahui hal tersebut, Anggota DPR RI Fraksi PKS, Tifatul Sembiring ikut menanggapi. Ia menuliskan pantun yang menyindir dukungan Apdesi untuk Jokowi 3 periode.

“Kalau ibu dah dendang melayu/
Anak-anak pun mulai terlelap/
Kalau “Ibu” tak mampu ku rayu/
Mungkin kades bisa ku garap..” pantun mantan Presiden PKS itu lewat akun twitternya.

Ia menambahkan note ‘Malu2Kuciang’ dan mengutip berita Tempo soal deklarasi 3 periode Presiden Jokowi yang akan dilakukan para kades, Rabu, 30 Maret 2022.

Wacana Presiden Jokowi 3 periode dan penundaan Pemilu 2024 terus bergulir.

DPR RI sendiri sudah menentukan Pemilu 2024 akan digelar pada 14 Februari 2024.

Penetapan tersebut sesuai konstitusi UUDNRI 1945 yang menyatakan bahwa jabatan presiden akan berakhir pada tahun tersebut.

Namun, beberapa tokoh mengusulkan, penundaan Pemilu 2024 dengan berbagai alasan, di antaranya Indonesia masih terdampak pandemi Covid-19.

Jika Pemilu ditunda, Jokowi masih akan menjabat hingga 2 sampai 3 tahun setelah 2024.

Selain pernundaan Pemilu 2024,  usulan perpanjangan jabatan Presiden Jokowi juga diwacanakan melalui amandemen konsititusi.

Di antara tokoh yang mendukung Pemilu 2024 ditunda adalah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan.

Terakhir, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menyebut dalam Podcast Deddy Corbuzier, dia mempunyai big data bahwa masyarakat sebagian besar menginginkan penundaan Pemilu 2024.

APDESI sendiri menyatakan dukungannya kepada Jokowi sebagai Presiden 3 periode pada saat Silaturahmi Nasional di Istora Senayan, Jakarta pada Selasa, 29 Maret 2022. [gelora]