NABI MENDATANGI DUKUN?!

NABI MENDATANGI DUKUN?!

Oleh: Abu Sumayyah

Viral video si Rembesss yang menyebut bahwa Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam mendatangi seorang dukun. Sebenarnya itu video ocehannya 2 tahun lalu, kemudian diunggah lagi setelah viralnya seorang dukun wanita bayaran. Kemungkinan untuk membenarkan aksi dukun tersebut dan juga untuk melegalkan praktek perdukunan.

Sedikit menanggapi pernyataan si Rembes tentang sosok yang disebut sebagai dukun dalam ocehannya tersebut.

1. Rembes menyebut bahwa dukun yang didatangi Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam bernama Waraqah bin Nufel. Padahal yang benar namanya adalah Waraqah bin Naufal.

2. Waraqah bin Naufal bin Asad bin Abdil Uzza bin Qushai, adalah seorang pendeta Nashrani yang masih berada di atas agama tauhid yang lurus (millah hanifiyyah). Dirinya tidak pernah menyembah berhala, di kala masyarakat di sekelilingnya menyembah berhala.

3. Waraqah BUKANLAH seorang dukun. Dia adalah seorang alim (berilmu). Dia mempelajari kitab Injil yang asli. (Lihat : Shahih Al-Bukhari, no. 3141, Ahmad, no. 24681). Selain itu, dia menuliskan Injil ke dalam Bahasa Arab sedapatnya dan juga mempelajari kitab-kitab yang lainnya.

4. Saat Khadijah, istri Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam membawa suaminya kepada Waraqah yang merupakan anak paman (sepupu)nya, dirinya saat itu berada dalam kondisi tua renta lagi buta. Suatu hal yang MUSTAHIL, Khadijah yang shalihah, sosok assabiqunal awwalun (orang yang pertama kali mengimani Nabi), membawa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam yang mulia kepada seorang dukun.

5. Waraqah mengetahui akan kenabian Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam dari ciri-ciri kenabian yang telah disebutkan dalam kitab Injil, disamping bashirah yang Allah Ta'ala berikan kepadanya. Dia pernah mengatakan kepada Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wa sallam, “Wahai Muhammad, seandainya aku masih muda saat kaummu mengusirmu, maka saya lah yang akan menolongmu dengan sekuat tenaga.”

6. Nabi shallallahu'alaihi wa sallam mengabarkan tentang Waraqah dalam hadits yang shahih yang diriwayatkan oleh Imam Al-Hakim dalam Mustadraknya,

لا تَسبُّوا ورقةَ بنَ نوفلٍ، فإنِّي رأيتُ له جَنةً أو جَنتينِ

“Jangan kalian cela Waraqah bin Naufal. Sesungguhnya aku melihat dia memiliki satu atau dua taman (di surga).” (HR. Al-Hakim 4211. Dan dishahihkan oleh Al-Albani dalam ash-Shahihah, no. 405).

Hadits di atas menunjukkan bahwa Waraqah bin Naufal termasuk PENGHUNI SURGA.

7. Maka, suatu PENGHINAAN yang BESAR kepada Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, begitupula penghinaan kepada Khadijah dan juga Waraqah, saat seseorang mengatakan bahwa beliau shallallahu 'alaihi wa sallam diajak untuk mendatangi seorang dukun. 

Yaa Rabb... Jauhkan kami dari para penyesat ummat. 

__________
Foto Rembes sengaja gak ditampilkan, biar tidak mengotori wall. 

25/03/22