MENGENAL MASJID AL AQSHA

Video MENGENAL MASJID AL-AQSA تعرف على المسجد الأقصى  yang dipublis Al Jazeera (video ada di akhir artikel).

[Terjemahan narasi video] 

Masjid al Aqsha adalah salah satu dari tiga masjid yang sangat dianjurkan untuk diziarahi sebagaimana sabda Nabi saw. (Dua masjid suci lainnya: Masjid Nabawi Madinah dan Masjidil Haram Makkah)

Masjid ini terletak di sebelah tenggara kota al Quds. Areanya dikelilingi oleh pagar. Ada hampir 200 an situs, yang terkenal diantaranya adalah ‘Masjid Qibli’, ‘Qubbatus Sakhra’ dan ‘Mushola al Marwani ‘.

Memiliki luas sekitar 144.000 meter persegi atau hampir seper enam luas kota al Quds. Masjid al Aqsha mempunyai 14 pintu, diantaranya Pintu Rahmah, Pintu Al Maghariba, Pintu Silsila, Pintu Al Hadid, Pintu Majlis, Pintu Al Ghowan, Pintu Al Mahatho, adapun empat pintu lainnya sudah ditutup. Pintu Al Maghariba sudah lama dalam pengawasan rezim zionis sejak tahun 1967.

Salah satu bangunan sejarah adalah ‘Masjid Qibli’ yang terletak di sebelah selatan masjid arah kiblat. Masjid ini dibangun oleh Khalifah Umar bin Khttab pada awal penaklukan Islam. Luasnya sekitar 4000 meter persegi dan memiliki 11 pintu.

Adapun ‘Musholla al Marwani’ dikaitkan dengan nama khalifah Abdul Malik bin Marwan terletak di sebelah tenggara masjid mempunyai luas sekitar 3800 meter persegi.

Sementaa ‘Qubbatus Sakhra’ (The Dome Of The Rock/Kubah Emas) dikenal sebagai bangunan ‘kelas tinggi’ yang memiliki 4 pintu. Khalifah Abdul Malik bin Marwan membangun kubahnya pada tahun 66 H sampai 72 H. Di dalamnya berbentuk lingkaran, di tengahnya terdapat batu marmer yang diyakini menjadi tempat baginda Nabi saw melakukan  mi’raj/naik ke langit.

Musholla al Burraq’ yang terletak disebelah barat daya masjid dikaitkan dengan tempat dimana baginda Nabi saw mengikat kendaraan waktu peristiwa mi’raj yaitu Burraq.

Masjid Al Maghoribah’ juga terletak di sebelah barat daya Masjid al Aqsha serta bangunan ‘musholla al aqsha lama’ yang terletak di bawah masjid qibli. ‘Tembok al burroq’ merupakan bagian dari pagar bagian barat masjid. Warga yahudi menyebutnya sebagai ‘tembok ratapan’ yang mereka klaim sebagai bagian dari Istana Sulaiman.

CATATAN: Jadi yang disebut Masjid Al-Aqsa adalah 'Kawasan' (lingkaran merah) yang meliputi beberapa bangunan, jadi bukan hanya 1 bangunan. Seperti penyebutan Masjidil Haram, itu meliputi kawasan, yang salah satu bangunannya adalah Ka'bah.


[Berikut video MENGENAL MASJID AL-AQSA]