LOGO HALAL Bikinan Netizen Malah Lebih Bagus, Simpel, Mudah Dikenali

[PORTAL-ISLAM.ID]  Logo HALAL yang ditetapkan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI menuai kontroversi dan banyak reaksi negatif.

Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irhamdi Jakarta menuturkan, Logo Baru Halal versi Indonesia ini mengadaptasi nilai-nilai ke-Indonesian seperti bentuk gunung, motif surjan pada wayang kulit, dan lancip ke atas. 

Memang masih ada tulisan arab HALAL pada logo baru, tapi bentuknya maksa banget, bentuk gunungan itu tersusun sedemikian rupa berupa kaligrafi huruf arab yang terdiri atas huruf Ḥa, Lam Alif, dan Lam dalam satu rangkaian sehingga membentuk kata Halal. 

Logo HALAL versi Kemenag ini sangat berbeda dengan logo Halal negara-negara lain di dunia. Ciri khas logo halal versi Indonesia seakan lenyap, yakni tulisan arab HALAL yang mudah dikenali dan warna hijau.

Atas banyaknya keresahan publik terkait logo baru HALAL yang ditetapkan Kemenag ini, ada seorang netizen (desainer) yang mencoba membuat Logo Halal yang sederhana namun ciri khasnya tetap ada.

"Mencoba desian ulang Logo Halal Indonesia. Gw nyoba berangkat dari Logo Halal MUI yg lama. Berawal dari munculnya logo halal baru dari kemenag dan beberapa keresahan yg bikin kurang sreg dengan logo itu," tulis akun twitter @mmaryasir, Sabtu (12/3/2022).

BERIKUT Twit Lengkap LOGO BARU HALAL buatan Netizen @mmaryasir:
Baca juga :