Konglomerat Saudi Beli Chelsea $3,5 Miliar

[PORTAL-ISLAM.ID]  Saudi Media Group telah mengajukan penawaran senilai £2,7 miliar ($3,5 Miliar) untuk membeli Chelsea dari pemilik Roman Abramovich, menurut laporan baru. Pemerintah Inggris mengawasi penjualan Chelsea setelah memberikan sanksi kepada Abramovich dan enam oligarki Rusia lainnya pekan lalu.

Meskipun pria berusia 55 tahun itu menyangkal memiliki hubungan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, asetnya di Inggris dibekukan setelah serangan negara itu terhadap Ukraina, yang masih berlangsung.

Pada hari Sabtu, Liga Premier mengumumkan bahwa mereka telah menskors Abramovich sebagai direktur klub.

The Blues telah terpukul keras karena sanksi dan menghadapi ketidakpastian besar setelah Barclays menangguhkan rekening bank klub. (Barclays adalah bank dan perusahaan jasa keuangan multinasional yang berpusat di London).

Sponsor kaos Three juga telah menangguhkan kesepakatan mereka, senilai £40 juta per tahun, sementara Chelsea tidak dapat menghasilkan pendapatan dari penjualan tiket atau merchandise.

Namun menurut reporter olah raga Ben Jacobs, grup media terbesar di Timur Tengah berharap bisa menyelamatkan Chelsea dari kehancuran finansial.

Pada hari Senin (14/3/2022), dia mentweet untuk mengkonfirmasi bahwa Saudi Media Group telah mengajukan tawaran £2,7 miliar untuk mengambil alih komando klub London barat.

Dia menambahkan: "Mohamed Alkhereiji adalah penggemar Chelsea dan memimpin konsorsium swasta. Tidak ada hubungan langsung dengan pemerintah Saudi."
Sementara itu, surat kabar Inggris Evening Standard mengklaim pemilik baru Chelsea dapat dikonfirmasi minggu ini, dengan para pelamar diperingatkan tentang proses penjualan yang berpotensi cepat.

Alkhereiji, pemilik Saudi Media Group, mempelopori minat tersebut. Statusnya sebagai penggemar berat Chelsea dianggap sebagai kekuatan pendorong di balik keinginannya untuk mengambil alih klub.

Saudi Media Group dilaporkan menghasilkan £770 juta per tahun, dan tawaran yang dipimpin Alkhereiji kemungkinan didukung oleh pendukung lain dari Arab Saudi.

Sebagian besar dari rencana pengambilalihannya termasuk investasi dalam pembangunan kembali Stamford Bridge dan Pusat Pelatihan Cobham.

Tetapi proyek £1,5 miliar untuk mengubah Stamford Bridge adalah nilai jual yang besar, dan Alkhereiji memiliki sejarah peningkatan stadion di masa lalu.