Adham Nabulsi, Finalis X-Factor Yang Kini Jadi Hafizh

Dari Panggung Artis Ke Mimbar Hafizh

Disusun: Ihsanul Faruqi

Adham Nabulsi pemuda beradarah Palestina dan lahir di Amman Yordania Desember 1993. Ibunya melihat bakat luar biasa pada anaknya dalam dunia tarik suara. Ia semangati putranya untuk ikut ajang pencarian bakat X-Factor di tahun 2013. Dan ia membuktikan kemampuannya dengan mencapai grand final. Ia menjadi salah satu bintang panggung paling gemerlap di jajaran pesohor negeri Arab. 

Namanya semakin melejit dengan beberapa lagu yang ia rilis dengan masing-masing lagu menghasilkan lebih dari 100 juta tayangan di Youtube. Ia melakukan banyak tour di negara arab untuk melakukan konser tunggal mulai Mesir hingga Arab Saudi. Akun-akun sosial media memiliki jutaan pengikut.

Di akhir Desember 2021 melalui akun media sosialnya Adham membuat pernyataan yang menggemparkan publik terutama di kalangan penggemarnya. Ia menyatakan bahwa ia akan menggalkan dunia musik yang telah membesarkan namanya. 

Pernyataannya:

"Dalam video ini aku ingin katakan kepada kalian berita yang sangat membahagiakan terutama untukku. Setiap orang memiliki impian yang ingin capai dalam kehidupannya. Tetapi pertanyaannya, ketika kita sudah mencapainya apa yang akan kita rasakan? Padahal tujuan paling utama adanya kita dalam kehidupan ini adalah untuk meraih ridho Allah Rabb semesta alam dan mengabdi kepadaNya."

Dalam postingan lain ia mengatakan:

"Tidak masalah kita memiliki impian, namun impian itu harus menyelaraskan dengan tujuan adanya kita dalam kehidupan ini yaitu beribadah kepada Allah Rabb alam semesta. Adapun bagiku, impian yang ingin kucapai adalah untuk meraih ridho Allah Rabb alam semesta. Segala puji bagi Allah, dengan karuniaNya tibalah hari ini aku menyatakan diri untuk meninggalkan musik. Kuucapkan terima kasih atas dukungan kalian. Dan ini bukanlah akhir kisah, aku berharap agar kalian bisa menyertai perjalanan baruku."

Adham benar-benar melakukannya, ia tinggalkan dunia musik dan menghapus lagu-lagunya dari akun Youtubenya. Adapun di akun sosial medianya ia menulis hal-hal yang berkaitan tentang dakwah.

Dan kembali lagi publik dikejutkan dengan berita yang datang dari Adham tanggal 25 Maret 2022 kemarin. Yaitu Adham telah menyelesaikan hafalan Al-Quran 30 juz dengan qiraaat Imam Hafsh dari Imam Ashim di Masjid 'Isyah, Amman Yordania. Atau hanya dalam 4 bulan pernyataannya meninggalkan dunia musik. 

MasyaAllah Tabaraka wa Ta'ala. Semoga Allah meneguhkan beliau dalam kebenaran.

Itu dia, lalu bagaimana kita?

*Ket. Foto atas: [kiri] Adham saat tampil di X-Factor 2013 dan [kanan] Syahadah/Ijazah hafalan Al-Quran 30 juz yang ia dapatkan.

[Postingan IG Adham Nabulsi - pada 20 Desember 2021 menyatakan meninggalkan dunia musik]