Soal Konflik di Wadas, Ganjar Bilang Hanya Pengukuran Saja, Tapi Ada Warga Dibogem Aparat, Videonya Viral

[PORTAL-ISLAM.ID]  Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memberikan penjelasan mengenai kasus yang terjadi di Desa Wadas Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo pada Selasa (8/2/2022). 

Dalam penjelasannya, orang nomor satu di Jateng ini mengaku sudah berbicara dengan Komnas HAM soal pengukuran lahan yang dijadikan Bendungan Bener.
 
Ganjar mengemukakan, jika aparat kepolisian yang dikerahkan di Desa Wadas hanya untuk mengawal pengukuran yang dilakukan oleh pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN).

"Sudah kita bicarakan Komnas HAM sudah kita undang kita ngobrol juga sudah baik-baik. Ini hanya pengukuran saja kok," jelas Ganjar setelah kerusuhan di Desa Wadas seperti dikutip Suarajawatengah.id, Selasa (8/2/2022).

Lantaran itu, dia meminta agar warga tak perlu takut dan khawatir. Dia memastikan tak akan ada kekerasan karena yang jadi host adalah Komnas HAM. 

"Maka siapapun tolong untuk meletakan pada pondasi yang sama agar semuanya lancar," katanya.

Jika warga mampu diajak untuk bekerjasama dalam menjaga kondusivitas dan tidak bersikap berlebihan selama proses pengukuran, Ganjar memastikan tak ada kejadian represif.

Meski begitu, sebuah video yang menayangkan penangkapan dan disertai layangan bogem mentah di wajah warga oleh aparat kepolisian yang diunggah Instagram @wadas_melawan viral di media sosial.

Dalam video tersebut, terlihat seorang warga yang ditangkap dengan tangan berada di belakang tiba-tiba diberikan bogem mentah oleh oknum aparat. Pada akun Instagram tersebut ditulis kapsion, bahwa warga yang tertangkap tidak melakukan perlawanan.

"Beberapa warga saat ditangkap mengalami pemukulan, padahal mereka juga tidak melawan," tulis unggahan akun tersebut.

Video tersebut merupakan unggahan dari serangkaian peristiwa yang terjadi di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo pada Selasa (8/2/2022).

Dalam kolom komentar tayangan video tersebut, beberapa netizen pun mengungkapkan pertanyaan mengenai tugas aparat kepolisian.

"Ya Allah, ini yang katanya melindungi dan melayani siapa.." tulis akun agusw******.

Tak sampai di situ, bahkan ada warganet yang juga mempertanyakan pernyataan Ganjar Pranowo.

"Ini kah yang dibilang cuma pengukuran? Masyarakat direpresi dibilang jangan takut @ganjar_pranowo," tulis akun @alfi*********.

Selain itu ada warganet yang meminta agar Gubernur Ganjar Pranowo merasakan yang dialami warga dalam video tersebut.

"@ganjar_pranowo cobo nak sampean neng posisi sik di antemi.. !!! (@ganjar_pranowo coba kalau Anda yang berada di posisi dipukuli)" tulis akun @bli****.

[VIDEO]
Baca juga :