Duet Anies-AHY Dinilai Berpeluang Besar Menangkan Pilpres 2024

[PORTAL-ISLAM.ID]  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bisa saja memenangkan Pilpres 2024 mendatang apabila dicalonkan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Menurut Direktur Eksekutif Indostrategic Ahmad Khoirul Umam, elektabilitas Anies dan AHY selalu masuk dalam hasil survei yang digelar berbagai lembaga.

“Keduanya konsisten berada di radar, dan bukan kategori tokoh dengan elektabilitas satu koma,” ujar Khoirul Umam dilansir Kantor Berita RMOL.

Meski demikian, Khoirul mengatakan, jika keduanya mau menang pada Pilpres 2024 harus melakukan langkah-langkah yang tepat.

Pertama, kata Khoirul, harus memiliki sponsor yang kuat. “Jika duet Anies-AHY dipromosikan, tentunya Partai Demokrat berada di sana sebagai salah satu sponsor utama koalisi, pembentuk 20 persen presidential threshold. Itu bekal awal yang baik,” ujarnya.

Sampai saat ini, Khoirul hanya melihat dua mesin kemenangan yang bisa membawa Anies maju dan menang dalam kontestasi 2024.

Yakni dengan dukungan Prabowo Subianto bersama Partai Gerindra, dan AHY dengan Partai Demokrat.

Menurutnya, Partai Demokrat juga bisa menjadi magnet bagi parpol lain untuk menarik dukungan di garis ideologi nasionalis dan ideologi politik Islam.

“Mereka akan merapat untuk mendapatkan efek ekor jas (coattail effect),” yakin Khoirul.

Efek ekor jas itu, sambungnya, akan terbentuk jika partai politik pengusung capres-cawapres memiliki chemistry dan paradigma yang sama.

“Sehingga tidak ada kegamangan yang menjadi sumber split ticket voting,” jelasnya.[RMOL]