Briptu Christy Polwan Cantik Manado Yang Hilang dan Viral, Sempat Digilai Pengusaha dan Pejabat

[PORTAL-ISLAM.ID] MANADO - Kabar hilang atau kaburnya polwan cantik Briptu Chisty dari satuannya di Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Polresta Manado, masih menyisakan misteri. 

Dilansir Sindonews, Polwan bertubuh tinggi semampai, yang sempat digilai pengusaha dan pejabat itu meninggalkan tugasnya sejak 15 November 2021.

Briptu Christy disebut-sebut kabur (hilang), setelah video asusila yang dikaitkan dengan dirinya viral. Namun spekulasi kaburnya polwan cantik tersebut, dibantah oleh Kabid Humas Polda Sulut, Kombes Pol. Jules Abraham Abast.

Jules menegaskan, viralnya video asusila di media sosial, tidak ada kaitannya dengan Briptu Christy, oknum Polwan Polresta Manado yang desersi. 

"Viralnya video asusila di media sosial tersebut, tidak ada kaitannya dengan Briptu Chisty yang desersi," kata Kombes Pol. Jules Abraham Abast, Minggu (6/02/2022). 

"Identitas pemeran dalam video asusila tersebut, juga belum diketahui secara pasti," imbuh Jules.

"Yang bersangkutan itu desersi atau meninggalkan tugas tanpa izin sejak 15 November 2021, dan sudah masuk DPO Polresta Manado, yang dikeluarkan pada 31 Januari 2022. Kemudian yang bersangkutan masuk DPO itu dalam rangka pencarian untuk diproses terkait desersi, bukan karena video yang beredar tersebut," tegas Jules.

Ditambahkannya, Polda Sulut sudah membentuk Tim Gabungan dari Propam yang akan melakukan pencarian keberadaan polwan cantik tersebut. "Kemudian kami juga mengimbau masyarakat, jangan mudah percaya apalagi turut membagikan informasi yang belum jelas kebenarannya," pungkas Jules.

5 Fakta Briptu Christy Jadi Buronan Polisi

Dikabarkan hilang, Polwan cantik, Briptu Christy Triwahyuni Cantika Sugiarto viral di media sosial. Belakangan, terungkap polisi yang bertugas di Polresta Manado itu desersi atau meninggalkan tugas.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan, sampai saat ini Briptu Christy masih dalam pencarian dan telah ditetapkan daftar pencarian orang (DPO) karena indisliner yang telah dilakukan.

"Yang bersangkutan telah meninggalkan tugas tanpa izin selama lebih dari 30 hari secara berturut-turut," ujar Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Berikut 6 Fakta tentang Polwan Cantik Manado Briptu Christy:

1. Hilang Sejak November 2021

Briptu Christy tidak bertugas sebagai polisi sejak 15 November 2021. Ia lalu dinyatakan hilang, namun ternyata sudah desersi atau meninggalkan tugas.

Perempuan berusia 26 tahun tersebut diketahui bertugas sebagai Bintara Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Polresta Manado.

2. Bakal Dipecat

Kapolresta Manado Ajukan Pemecatan Briptu Christy Kapolresta Manado Kombes Pol Julianto P Sirait selaku Atasan Hukum akan mengajukan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) terhadap yang bersangkutan melalui Sidang Komisi Kode Etik Profesi Polri.

Pemecatan itu diajukan karena polwan cantik itu sudah lebih dari 30 hari meninggalkan tugas.

"Yang bersangkutan telah meninggalkan tugas tanpa izin selama lebih dari 30 hari secara berturut-turut," kata Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast.

3. Masuk DPO Sejak 31 Januari

Briptu Christy Jadi Buronan sejak 31 Januari 2022 Kapolresta Manado Kombes Pol Julianto P Sirait telah mengeluarkan surat Daftar Pencarian Orang (DPO) No DPO/01/I/HUK.11.1/2022/Provos, tertanggal 31 Januari 2022.

Namun kata Kabid Humas, kalau pun yang bersangkutan tidak kembali ke kesatuan, baik saat dicari maupun tidak dicari oleh Tim Gabungan Propam, tetap yang bersangkutan dapat dilakukan sidang secara inabsentia.

Sidang tersebut dapat menjatuhkan sanksi untuk Briptu C hingga pemecatan dari keanggotaan Polri.
4. Dikabarkan Berada di Kendari

Terakhir Dikabarkan Berada di Kendari Polda Sulut juga telah membentuk tim gabungan dari Propam yang akan mencari Briptu Christy. Namun, hingga kini Briptu Christy belum juga ditemukan. Penyebab Briptu Christy meninggalkan tugas juga belum diketahui.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan, informasi yang mereka terima, polwan cantik itu terakhir disebutkan berada di Kendari. "Informasi terakhir, diduga yang bersangkutan berada di daerah Kendari, Sulawesi Tenggara," katanya.

5. Viral di Medsos

Briptu Christy Viral Dinyatakan Hilang di Media Sosial Kasus Polwan Polresta Manado, Briptu Christy ini terungkap setelah namanya viral di media sosial. Kabar Polwan cantik yang dinyatakan hilang itu menyita perhatian netizen, terutama warga Manado.

Polda Sulut akhirnya angkat suara menyikapi viralnya kabar Briptu Christy hilang di media sosial. Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast mengungkap fakta, polwan itu desersi.

“Terkait kabar di media sosial tersebut, bahwa faktanya yang bersangkutan itu desersi,” kata Kombes Pol Jules Abraham Abast.