Babe Haikal Bela Dudung? Gus Nur: Kalau Ternyata Babe Haikal Seperti Itu, Berarti Kita Sudah Tidak Sejalan Lagi

[PORTAL-ISLAM.ID] Ustadz Haikal Hassan meminta semua pihak tidak terprovokasi dan sembarangan memberi tafsir terhadap ucapan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Hal itu, kata Babe Haikal sapaan Ustadz Haikal Hassan untuk menghindari polemik yang dapat menimbulkan perpecahan, karena kesalahan memberikan tafsir terkait ucapan 'Tuhan kita bukan orang Arab' sebagaimana disampaikan Dudung.

“Yang paling tahu soal maksud ucapannya adalah pak Dudung sendiri. Ente tidak boleh menafsirkan sesuai persepsi ente. Bahaya timbul perpecahan. Timbul persepsi karena setiap orang isi kepalanya beda, antum menafsirkan orang,” kata Haikal, Rabu 9 Februari 2022, dilansir pikiran-rakyat.com. (link)

Haikal mengatakan pernyataan Dudung saat menjadi bintang tamu dalam podcast Deddy Corbuzier pada 1 Desember 2021, harus dibaca dan dipahami secara utuh. Haikal menegaskan tidak boleh ada yang menjustifikasi terhadap pemikiran orang, termasuk Jenderal Dudung.

Persepsi, pemikiran dan pemahaman tiap orang terhadap suatu persoalan, kata Haikal, tentu berbeda satu sama lain.

“Yang paling tahu itu adalah pak Dudung sendiri. Kalau antum tafsirkan sesuai pikiran antum sendiri, maka akhirnya kita menjustifikasi pendapat orang, begitu. Jadi, bagaimana maksudnya? Silakan dibuka, di-browsing, apa yang beliau katakan. Ternyata oh itu pemahamannya," katanya.

“Ini biarkanlah ijtihad beliau. Antum tidak boleh menghukum orang dengan pikiran sendiri dari pendapatnya orang itu. Itu tidak profesional dan tidak pada tempatnya. Di luar dari pada itu semua, tiap orang itu punya ijtihad masing-masing untuk melindungi negara,” tegas Babe Haikal.

Tanggapan Gus Nur

Gus Nur di chanel Youtubenya (13/2/2022) mengatakan dirinya mendapat pertanyaan melalui WA terkait berita Babe Haikal yang "membela" Dudung.

"Kalau memang ternyata Babe Haikal itu terindikasi terendus membela (Dudung)... kalau memang iya berarti kita sudah tidak sejalan lagi sama Babe Haikal... ya begitulah... memang sekarang susah...," kata Gus Nur.

SIMAK SELENGKAPNYA VIDEO: