5 Fakta Kasus Model Novi Amelia yang Bunuh Diri Dari Lantai 8 Apartemen

[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Model Novi Amelia ditemukan tewas setelah diduga meloncat dari lantai 8 Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan, pada Rabu (16/2/2022) pagi.

Polisi masih terus menyelidiki perihal tewasnya model Novi Amelia tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan bahwa dari hasil pemeriksaan, Novi Amelia tewas diduga karena bunuh diri.

Meski demikian, dugaan sementara itu masih perlu dibuktikan dengan barang bukti dan keterangan sejumlah saksi sebelum kejadian.

"Kami masih mengambil keterangan dari beberapa pihak yang mengetahui sebelum kejadian bunuh diri," kata Kombes Zulpan kepada wartawan, Jumat (18/2/2022).

Berikut deretan fakta kasus Novi Amelia tersebut:

1. Ditegur sekuriti

Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan Kompol Ridwan Soplanit mengungkapkan sekuriti apartemen sempat melihat seorang perempuan duduk di jendela kamar lantai 8 sekitar pukul 05.00 WIB.

Sekuriti sempat berteriak agar perempuan yang diketahui Novel Amelia itu menjauh dari jendela.

Namun, teriakan dari sekuriti tidak diindahkan model majalah dewasa tersebut.

"Pada waktu yang sama, perempuan itu menjatuhkan diri ke lantai dasar di tempat parkiran yang saat ini TKP," kata Ridwan saat dikonfirmasi, Rabu (16/2).

2. Novi Amelia tinggal sendiri

General Manajer Apartemen Kalibata City Martiza Melati mengatakan Novi Amelia merupakan penyewa di hunian tersebut.

Novi sudah lebih dari setahun menghuni apartemen tersebut. Sebelum ditemukan tewas, model itu ternyata berada seorang diri di dalam kamar.

"Yang kami tahu, tinggalnya sendiri," kata Martiza Melati, Kamis (17/2).

3. Tewas dengan kondisi hanya memakai pakaian dalam

Kanit Reskrim Polsek Pancoran AKP Abdullah mengatakan Novi Amelia ditemukan tewas dengan kondisi hanya memakai pakaian dalam.

"Mayat wanita dalam kondisi memakai pakaian celana dalam dan bra berwarna putih," kata Abdullah kepada wartawan, Rabu (16/2).

4. Bersikap normal

Martiza mengatakan Novi Amelia tak pernah bergelagat aneh selama menjadi penghuni.

Model majalah dewasa itu selalu bersikap normal layaknya penghuni lain.

"Biasa aja, enggak ada hal hal yang mengarah kematian," kata Martiza.

5. Novi Amelia diduga depresi

Novi Amelia diduga melakukan aksi bunuh diri karena mengidap depresi dan penyakit skizofrenia.

Dugaan ini mengacu pada penyataan kuasa hukum Novi Amelia di 2012, saat mendampingi model itu menghadapi kasus kecelakaan di Tamansari. Novi disebut pernah menjalani pengobatan kejiwaan karena kerap berhalusinasi mendengar suara-suara aneh. 

PROFIL

Linda Astuti, yang lebih dikenal secara profesional dengan nama Novi Amelia (1 Desember 1987 – 16 Februari 2022) adalah model majalah dewasa Indonesia.

Karier

Novi Amelia adalah seorang model kelahiran Medan, 1 Desember 1987 (umur 34 tahun).

Perempuan yang sempat membuat heboh dengan penampilannya ini memulai karier sejak 2004 saat pertama kali hijrah ke Jakarta dengan menjadi model majalah dewasa. Namun, Novi Amelia sempat berhenti menjadi model majalah pria dewasa pada 2009.

Ia juga sempat akan terjun ke dunia tarik suara dan merilis album pop dangdut. Sayangnya, ia merasa tak siap untuk terjun sebagai penyanyi dan gagal di tengah jalan.

Kasus

Pada tahun 2012, Novi menabrak tujuh orang di Jalan Ketapang, Tamansari, Jakarta Barat. dalam keadaan mabuk dengan hanya mengenakan celana dalam dan bra. Peristiwa ini terjadi pada Kamis 11 Oktober 2012 sekitar pukul 17.30. Novi yang menyetir mobil Honda Jazz merah bernomor polisi B 1864 POP ini mengemudikan mobilnya dengan kecepatan tinggi di perempatan lampu merah di Jalan Ketapang, Taman Sari Jakarta Barat. Ia menabrak 7 orang, dua di antaranya adalah polisi yang mencoba memberhentikan laju kendaraan Novi. Polisi tersebut bersama korban lainnya mengalami luka-luka dan dirawat di Rumah Sakit Husada Taman Sari untuk selanjutnya dimintai keterangan di kepolisian. Kelalaian ini ternyata bukan yang pertama dialami Novi. Sekitar bulan April 2012 Novi dikabarkan pernah ditangkap kepolisian karena kasus yang sama. Bedanya, saat itu ia mengendarai mobil Honda CR-V dan melaju secara zig-zag di kawasan Jalan Gajah Mada.

Sebelumnya pada tanggal 8 Mei 2012, Novi dengan hanya menggunakan daster pernah mencoba bunuh diri dengan menabrakkan dirinya ke mobil yang melaju. Selanjutnya Novi sempat dirawat selama sehari di Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 2, Cipayung dan kemudian dipindahkan ke Rumah Sakit Kejiwaan, Duren Sawit.

Kematian

Novi ditemukan tewas karena Bunuh diri, dengan melompat dari apartemennya. Menurut pihak kepolisian, tidak ditemukan adanya tanda-tanda penganiayaan, Rabu 16 Februari 2022, di Apartment Kalibata, Jakarta Selatan.

(Sumber: JPNN, Wikipedia)

***

JADIKANLAH INI SEBAGAI PELAJARAN. SEMOGA KITA DIBERI HUSNUL KHOTIMAH. AMIN.