Perjuangan Luar Biasa Tahanan Palestina, Mogok Makan 141 Hari, Jadi Sorotan Dunia, Akhirnya Israel Menyerah dan Membebaskan

[PORTAL-ISLAM.ID]  Hisham Abu Hawwash. Warga Palestina. Ditahan sewenang-wenang tanpa pengadilan oleh Israel. 

Sebagai bentuk perlawanan, Hisham melakukan mogok makan. Tak tanggung-tanggung: 141 hari. 

Gelombang dukungan menjalar ke dunia internasional. Israel kewalahan dan tersudut. 

Dan akhirnya sepakat untuk membebaskan. 

Perjuangan Hisham dirayakan seantero negeri dan dianggap sebagai: Victory of Palestine (Kemenangan Palestina).

***

Tahanan Palestina Hisham Abu Hawwash, yang telah melakukan mogok makan selama 141 hari untuk memprotes dipenjara tanpa tuduhan setuju pada hari Selasa (4/1/2022) untuk mengakhiri mogok makannya setelah mencapai kesepakatan dengan Israel, menurut pengacaranya.

Komisi Urusan Tahanan dan Mantan Tahanan Otoritas Palestina (PA) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Abu Hawwash, yang telah melakukan mogok makan hari ke-141 sebagai protes terhadap penahanannya tanpa tuduhan, mengakhiri pemogokan pada hari Selasa menyusul kesepakatan di mana dia akan dibebaskan pada 26 Februari 2022.

"Perjanjian itu menetapkan pembebasan Abu Hawwash pada 26 Februari tanpa perpanjangan apa pun, serta penghentian perawatannya di rumah sakit Israel sampai pembebasannya," kata pernyataan itu.

Pengacara Masyarakat Tahanan Palestina (PPS), Jawad Boulos, juga mengkonfirmasi bahwa kesepakatan telah dicapai dan narapidana Palestina berusia 40 tahun itu telah menghentikan mogok makan terbukanya setelah 141 hari berturut-turut.

Warga Palestina telah memprotes di Tepi Barat dan Gaza yang diduduki untuk mendukung Abu Hawwash dan gerakan perlawanan Jihad Islam mengancam akan menargetkan Tel Aviv jika dia meninggal di penjara Israel.

Pelepasan Abu Hawwash sebagai 'kemenangan'

Abdul-Latif Qanu, juru bicara gerakan perlawanan Palestina Hamas, memuji pembebasan narapidana yang mogok makan dan berkata, "Sebuah kemenangan baru dicatat oleh tahanan Hisham Abu Hawwash, untuk mengkonfirmasi sekali lagi kemampuan warga Palestina kami. orang-orang dan tawanan mereka yang gagah berani untuk memenangkan setiap pertempuran yang mereka lakukan dengan penjajah."

Dia menambahkan, "Kemenangan Abu Hawwash atas rezim Zionis adalah perpanjangan dari ketabahan rakyat Palestina kami dalam menghadapi pendudukan Zionis."

Kelompok advokasi hak-hak Klub Tahanan Palestina memuji perlawanan Abu Hawwash sebagai "kemenangan" dan mengatakan perayaan diadakan di kota al-Khalil (Hebron) Tepi Barat selatan dan tempat kelahirannya setelah pengumuman tersebut.

"Kemenangan Abu Hawwash datang sebagai pelengkap kemenangan sebelumnya yang diraih oleh orang lain dalam menghadapi kebijakan penahanan administratif yang sewenang-wenang," kata Klub Tahanan dalam sebuah pernyataan, mengacu pada kebijakan penahanan Israel tanpa tuduhan.

Komisi Urusan Tahanan dan Mantan Tahanan Palestina memperingatkan pada hari sebelumnya bahwa 50 tahanan Palestina akan memulai mogok makan terbuka pada Selasa malam dalam solidaritas dengan Abu Hawwash. Komisi tersebut menambahkan bahwa para tahanan gerakan perlawanan Jihad Islam di penjara-penjara Israel akan memimpin serangan tersebut.

Kelompok perlawanan Palestina selama beberapa minggu terakhir telah memperingatkan terhadap kondisi kesehatan Abu Hawwash yang memburuk dan menekan rezim Tel Aviv untuk membebaskan narapidana Palestina yang mogok makan.

Abu Hawwash, ayah dari lima anak, ditangkap pada Oktober 2020 dan ditahan di penjara Israel tanpa dakwaan.

Lebih dari 7.000 warga Palestina dilaporkan ditahan di penjara-penjara Israel. Lebih dari 540 narapidana ini tampaknya telah ditahan tanpa tuduhan, dengan beberapa dari mereka tinggal di penjara hingga 11 tahun.

Otoritas penjara Israel menahan tahanan Palestina dalam kondisi menyedihkan yang tidak memiliki standar higienis yang layak. Para narapidana juga telah mengalami penyiksaan, pelecehan, dan penindasan yang sistematis.

Tahanan Palestina terus-menerus melakukan mogok makan terbuka dalam upaya untuk mengekspresikan kemarahan mereka pada praktik tersebut.