Luar Biasa! Masyarakat Sulawesi Selatan menyambut Anies Baswedan

[PORTAL-ISLAM.ID]  MAKASSAR - Setelah cukup lama tak berkunjung karena menjalani “tahanan kota” selama menjabat Gubernur DKI Jakarta, akhirnya pada 21 dan 22 Januari 2022 menjadi momentum kembalinya Anies Rasyid Baswedan ke Kota Makassar.

Anies ke Makassar memenuhi undangan H. Nurdin Halid. Tokoh Golkar yang juga tokoh koperasi Indonesia itu secara khusus meminta Anies Rasyid Baswedan menjadi saksi pernikahan putra beliau.

Momentum kehadiran Anies di Makassar ternyata disambut luar biasa. Meskipun kurang dari 24 jam di Makassar, Anies tercatat menghadiri 7 agenda penting dengan sambutan sungguh spektakuler.

Mendarat pukul 18.55, Anies langsung digiring ke Jalan Mapala, kediaman H Nurdin Halid menghadiri acara mappacci sebuah ritual penting dalam budaya Bugis Makassar menyambut pernikahan. Di sana, Anies bertemu sohibnya sesama mantan menteri era Jokowi-Jusuf Kalla, Andi Amran Sulaeman. Kemudian Anies diundang secara khusus menikmati Pallu Basa di AAS Building milik Andi Amran Sulaeman.

Dari Mapala, Anies sudah ditunggu para milenial Makassar. Kegiatan ini sangat mendadak karena direncanakan dan dipublikasikan hanya beberapa menit sebelum Anies Rasyid Baswedan take off dari Jakarta menuju Makassar.

Meskipun waktunya sangat mepet, ratusan milenial Makassar memadati Rumah Makan Losari di bilangan Jalan Lamaddukelleng. Tentu saja bukan perkara mudah menghadirkan massa sebanyak itu hanya dalam 2-3 jam sebelum acara dimulai.

Ngobrol milenial yang dikoordinasikan Andi Asri Tadda ini berlangsung sangat interaktif. Anies Rasyid Baswedan membuka diskusi dengan menyapa milenial Makassar. Anies memilih untuk lebih banyak mendengarkan.

Oleh karena itu, Muhammad Ramli Rahim yang memandu acara membuka sesi tanya jawab cukup panjang dan lebih banyak mengulas tentang keberhasilan Anies membangun kota Jakarta. Hanya dalam empat tahun begitu banyak yang Anies perbuat pada begitu banyak sektor dengan pola kolaborasi serta terintegrasi termasuk bagaimana melibatkan begitu banyak orang dalam berbagai sektor.

Sabtu pagi, Anies berdialog dengan aktivis KAHMI Sulsel, lalu menjadi saksi pada pernikahan putra HAM Nurdin Halid sekaligus memberikan sambutan.

Selanjutnya, Anies menghadiri kegiatan Forum Entrepreneur Makassar bertajuk “Masyarakat Sulawesi Selatan Menyambut Anies Baswedan”.

Luar biasa. Meskipun disiapkan dalam waktu relatif singkat,  jumlah pesertanya membludak. Bahkan, yang berdiri karena tak kebagian kursi jauh lebih banyak dari pada yang duduk. Semangatnya pun luar biasa. Tak ada seorang pun beranjak hingga acara tuntas.

Dalam kegiatan tersebut Anies memamerkan capaiannya terutama Jakarta International Stadium (JIS) sembari berdoa semoga Makassar dan Sulawesi Selatan segera memiliki stadium  seperti JIS.

[VIDEO]