[JEJAK DIGITAL] Zein Kribo Pernah Sebarkan Hoaks Patung Lilin Ahok Ada di Museum Madame Tussauds

[PORTAL-ISLAM.ID]  Zein Kribo alias Zein Assegaf pernah menyebarkan hoaks di akun Facebook-nya bahwa ada patung lilin Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Museum Madame Tussauds. 

Postingan ini dilengkapi foto yang menggambarkan tentang Ahok berseragam dinas dan berdiri di samping bendera merah putih. Informasi ini jauh sebelumnya pernah beredar setelah diposting oleh akun facebook (FB) Zen Assegaf, pada 21 Desember 2017.

Informasi yang salah ini pun sudah di-debunk dan dibagikan ke dalam grup FB, Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax. Menurut Aribowo Sasmito, admin grup yang melakukan debunk itu, bahwa informasi yang menyebut patung lilin Ahok itu adalah konten yang salah atau ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah.

“Foto yang dibagikan itu adalah ‘Action Figure Ahok’, bukan patung lilin. Post sumber menambahkan narasi yang tidak sesuai dengan konteks asli dari foto yang dibagikan, untuk membangun premis,” tulis Aribowo. 

Foto yang dipakai dalam disinformasi tersebut, adalah foto promosi produk di toko online Tokopedia yang diberi nama produk: Ahok Action Figure 1/6 THE GOVERNOR.

 Fakta lainnya, sejumlah media mainstream telah memuat berita tentang Action Figure Ahok. Salah satunya pada Senin, 26 Februari 2018 lalu. Dengan judul: Mendulang Rupiah dari Jualan Action Figure Ahok Hingga Gus Dur. [suaranasional]

[SALAH] “Patung Ahok di museum lilin Madame Tussauds Hongkong”