[BREAKING] Polda Metro Jaya Memastikan Akan Menindaklanjuti Kasus Denny Siregar

[PORTAL-ISLAM.ID]  Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Endra Zulpan mengatakan bahwa pihaknya telah menerima pelimpahan laporan terhadap Denny Siregar terkait dugaan kasus ujaran kebencian.

Zulpan menyebut pelimpahan itu mereka terima dari Polda Jawa Barat. 

“Saat ini masih dilakukan pendalaman oleh Polda Metro Jaya terkait kasus ini,” ucap dia pada Kamis (13/1/2022), dilansir Tempo.

Menurut Zulpan, alasan laporan itu dilimpahkan oleh Polda Jabar adalah lokasi kejadian yang terjadi di wilayah hukum Polda Metro Jaya. 

Zulpan belum dapat memastikan apakah akan segera memanggil Denny Siregar untuk diperiksa sebagai pelapor. Menurut dia, saat ini penyidik masih mempelajari terlebih dahulu laporan tersebut. 

Namun, ia memastikan polisi akan menindaklanjuti laporan tersebut secara profesional. 

“Setelah dilimpahkan Polda Jabar akan kami dalami dulu terkait apa. Di mana nanti dijerat UU ITE terkait pasal apa,” tutur Zulpan. 

Seperti diketahui, pada 3 Juli 2020 lalu Pimpinan Pesantren Tahfidz Quran Daarul Ilmi Kota Tasikmalaya, ustaz Ahmad Ruslan Abdul Gani melaporkan Denny Siregar ke Polda Jawa Barat. 

Ia memperkarakan unggahan Denny di akun Facebook-nya pada 27 Juni 2020 yang berjudul “Adek2ku Calon Teroris yg Abang Sayang”. 
Dalam tulisan panjang itu terdapat foto sejumlah santri yang menggunakan atribut tulisan Tauhid. Belakangan diketahui bahwa orang-orang yang ada dalam foto itu merupakan santri dari Pesantren Tahfidz Qur’an Daarul Ilmi Tasikmalaya. 

Mereka tengah membaca Alqur’an ketika aksi demonstrasi 313 berlangsung pada 2017 lalu. 

Belakangan, Polda Jawa Barat mengeluarkan pernyataan bahwa laporan terhadap Denny Siregar itu sudah dilimpahkan ke Polda Metro Jaya pada pertengahan 2021 lalu.