Anies Soal Giring Tinjau Formula E: Kasihan, Waktunya Longgar Betul

[PORTAL-ISLAM.ID] Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan buka suara ihwal Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha sempat mendatangi venue Formula E di Ancol. Anies merasa kasihan karena waktu Giring terlalu longgar.

"Ya, kasihan juga waktunya longgar betul, sehingga kalau kita-kita yang agak sibuk ini enggak cukup waktunya untuk keliling-keliling enggak perlu," kata Anies dalam video yang tayang di kanal YouTube Total Politik, Kamis (20/1/2022).

Kendati begitu, Anies enggan menanggapi kritik dari Giring. Saat itu, Giring sempat mendatangi lokasi Formula E di Ancol dan mengkritik masalah pembangunan sirkuit yang belum mulai.

Selain itu, Giring juga meragukan bahwa pengerjaan sirkuit Formula E dapat rampung sebelum gelaran tersebut terlaksana pada Juni 2022.

Dalam kunjungannya, Giring hanya melihat tanah kosong dan lahan berlumpur. Ia bahkan tak melihat ada pekerja yang sedang membangun sirkuit.

"Saya enggak usah komentar dah yang itu," imbuh Anies.

Dalam video itu, Anies juga menepis anggapan bahwa Formula E dipaksakan untuk terlaksana. Ia menegaskan, Formula E memang harus dilaksanakan karena tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) tentang APBD 2020.

"Saya sampaikan di sini bahwa Formula E itu ditetapkan anggarannya lewat Perda APBD, di situ sudah ditetapkan sebagai program karena itu kemudian dilaksanakan," ujar Anies.

"Karenanya, ketika dipertanyakan 'kenapa ini dipaksakan?' bukan dipaksakan, ini adalah peraturan daerah, sudah ditetapkan oleh perda dan tugasnya gubernur melaksanakan semua ketentuan perundangan, termasuk perda, dan perda itu ada tentang Formula E. itu saya lakukan," kata dia menambahkan.

Anies juga menjawab kritik terkait biaya Formula E lebih baik digunakan untuk penanganan pandemi virus corona (Covid-19). 

Ia menegaskan bahwa tidak ada dana untuk penanganan pandemi yang digunakan untuk penyelenggaraan ajang balap mobil listrik itu. Menurut dia, biaya yang dikeluarkan DKI untuk Formula E sudah dibayarkan lebih dulu sebelum pandemi.

"Kan udah dibayar sebelum pandemi. Selesai. Jadi kalau ada yang bilang, ini kan masa pandemi, kenapa uangnya dikeluarin? Uangnya udah dikeluarin sebelum pandemi," ujar Anies.

SELENGKAPNYA VIDEO: