Viral Bendera OPM Berkibar di Samping Polda Papua

[PORTAL-ISLAM.ID]  Video berdurasi 1 menit viral di media sosial. Dalam video itu nampak bendera bintang Kejora berkibar di samping Mapolda Papua tepatnya di tiang bendera di depan Gedung Olahraga Cenderawasih (GOR) Jayapura sekitar pukul 12.45 WIT, Rabu, 1 Desember 2021.  

Pengibaran bendera bintang kejora di halaman GOR Cenderawasih yang dilakukan oleh sejumlah pemuda itu bertepatan dengan 1 Desember yang diklaim sebagai HUT OPM.  

Berdasarkan informasi yang dihimpun aksi itu berlangsung pukul 12.45 WIT. Setelah mengibarkan Bendera Bintang kejora, sejumlah pemuda ini juga melakukan aksi memperingati hari kemerdekaan bangsa Papua, ke - 60: 1 Desember 1961 - 1 Desember 2021.

Dalam aksi itu mereka membawa beberapa spanduk bertuliskan:  
1. Self Determination for West Papua  
2. Welcoming UN High Commisioner for Human Right to West Papua  
3. Stop Militerisme in West Papua 

Dan juga membawa: Pamfet Bendera Bintang Kejora.  

Dalam aksi itu, ada enam orang Papua dan mahasiswa Papua melakukan long march memperingati Hari Nasional Bangsa Papua ke - 60, bertempat di Jayapura Kota.  

Massa Long march mulai berangkat dari Gedung Olahraga Jayapura menuju Markas Komando Kepolisian Daerah Papua. Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan dari aparat kepolisian terkait pengibaran benderan bintang tersebut. [viva]