Tere Liye: Wow! Selamat kepada Muhammadiyah Australia College, yang telah mendapat ijin resmi dari pemerintah Australia, ini keren 👍

WOW

Selamat kepada Muhammadiyah Australia College, yang telah menerima ijin resmi dari pemerintah Australia untuk beroperasi. Keren ini. Guru2 sekolah Muhammadiyah di Indonesia, bisalah sesekali tukar pengalaman ke sini 🙂

Saya itu bukan warga Muhammadiyah, juga bukan anggota organisasi manapun. Tapi setiap kali melihat siapapun membangun sekolah, saya bukan main kagumnya. Muhammadiyah, NU, dll, dsbgnya, ada banyak sekali organisasi2, yayasan2 yang berkhidmat dalam dunia pendidikan. Sungguh mereka keren2. 

Saya seringkali ke sekolah2 di pelosok Indonesia, bertemu dgn pendiri2 sekolah ini, duh Gusti, sy kadang merasa malu. Mereka benar2 kongkrit bikin sekolah dgn ribuan murid. Sy cuma nulis cerita fiksi. Semoga besok2 sy bisa nyusul bikin sekolah. Seru kalau betulan bikin ABTT. Bukan Akademi Bayangan Tingkat Tinggi (kayak di serial BUMI), melainkan Akademi Belajar Terus nan Tangguh.

Tahniah buat Muhammadiyah. Semangat terus buat organisasi2 yg peduli dgn pendidikan. 

(Tere Liye)

*********

Sekolah Muhammadiyah di Australia Resmi Dapat Izin Operasional

Sekolah yang didirikan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah di Australia, Muhammadiyah Australia College (MAC), resmi mendapatkan izin operasional. Izin tersebut diberikan oleh Pemerintah Australia pada tanggal 21 Desember 2021.

"Alhamdulillah Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah memperoleh izin operasional sekolah Muhammadiyah di Australia dengan nama MUHAMMADIYAH AUSTRALIA COLLEGE (MAC) di 1-3 Killarney Drive Melton Victoria Australia dari Pemerintah Australia melalui Victorian Registration and Qualifications Authority (VRQA) Department Education Victoria tanggal 21 Desember 2021," ucap PP Muhammadiyah dalam rilisnya, Rabu (29/12/2021).

Berdasarkan izin yang diterbitkan oleh VRQA Department Education Victoria, MAC merupakan sekolah dengan jenis Primary/Co-educational, yaitu dari jenjang taman kanak-kanak (TK) sampai sekolah dasar (SD).

Pendirian MAC merupakan mandat dari Muktamar Muhammadiyah ke-47 tahun 2015 di Makassar kepada PP Muhammadiyah dalam melaksanakan dan mengembangkan program "Internasionalisasi Muhammadiyah".

PP Muhammadiyah bersama Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Australia kemudian mendirikan MAC sebagai perluasan gerakan mencerdaskan kehidupan bangsa dan pengembangan pendidikan di ranah global yang berfungsi strategis mewujudkan kemajuan dan persatuan antarbangsa.

Pada bulan Desember 2017, PP Muhammadiyah membeli lahan seluas 10 Ha di 585 Belgrave Hallam Road, Narre Warren East VIC 3804 Melbourne. Pembelian tanah ini merupakan tonggak awal proses menggagas dan persiapan mendirikan MAC yang menjadi Pusat Gerakan Komunitas PCIM Australia.

PP Muhammadiyah kembali membeli lahan seluas lebih dari satu hektar yang berlokasi di 1-3 Killarney Drive, Melton, Victoria, Australia 3337 pada bulan November 2020. PCIM Australia kemudian memproses izin registrasi MAC ke VRQA Department Education Victoria Australia.

Di samping itu, PCIM Australia juga melakukan pertemuan dengan berbagai elemen masyarakat Indonesia dan non-Indonesia yang ada di Victoria untuk mencari masukan tentang proses registrasi guna menyusun langkah-langkah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Setelah mempersiapkan pemenuhan semua persyaratan untuk registrasi sekolah baru dan mendapat feedback dari VQRA, pada tanggal 21 Desember 2021 terbitlah surat izin operasional dari VRQA Department Education Victoria untuk MAC.

Sejak tanggal 21 Desember 2021 tersebut, maka Muhammadiyah Australia College telah resmi dan sah secara hukum untuk beroperasi di Australia.


Muhammadiyah Australia College Berdiri, Terima Murid Baru Tahun 2022


Baca juga :