PSI Kritik Lantunan Azan di JIS, Tanggapan Tifatul Telak Banget!

[PORTAL-ISLAM.ID]  Suara adzan di Jakarta International Stadium (JIS) saat uji coba pengeras suara (audio system) dipermasalahkan oleh kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Muhammad Guntur Romli dan para buzzer. Mereka menyebut stadion bukan tempat untuk mengumandangkan adzan.

Pandangan Guntur Romli dan para buzzer tersebut mengundang reaksi sejumlah pihak. Mereka mengaku heran karena adzan toh juga pernah dikumandangkan di stadion-stadion besar seperti di Stadion Wembley, Inggris.

Mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Tifatul Sembiring pun merespon pandangan Guntur Romli tersebut dengan menyertakan ayat Al Qur’an sebagai landasan kuat soal suara adzan.

“Ada yang kepanasan dengar suara adzan. QS 6:112 ada syaithan jenis jin dan jenis manusia,” tulis Tifatul Sembiring di akun twitter-nya @tifaembiring yang dikutip KBA News di Jakarta, Kamis 16 Desember 2021.

Yang membuat semakin aneh, Guntur Romli dan para buzzer tidak mengkaji lebih jauh kala untuk kali pertama adzan menggema di JIS pada Sabtu, 11 Desember 2021 malam. Kumandang azan di JIS itu juga bagian dari uji coba sistem audio sebelum JIS diresmikan. Selain adzan, saat itu juga dilakukan uji coba sistem audio oleh Fadly, vokalis band Padi, sekaligus menjajal sistem pencahayaan (lighting).

“Stadion sedang menguji kualitas speaker. Kebetulan karena sudah memasuki waktu sholat & di sana juga ada pekerja muslim, apa salahnya diputar suara azan. Untuk mengingat para pekerja muslim agar segera menunaikan ibadah sholat. Bukankah Itu juga merupakan suatu kebaikan? CMIIW,” tulis akun @Anolap1.

Lain lagi dengan akun @Vinozein yang mempertanyakan alasan Guntur Romli dan para buzzer tidak bersuara saat azan diputarkan di tempat ibadah umat lain. “Tapi tidak ada kebencian saat azan diperdengarkan di gereja. Yang jahat siapa jadinya bang? Muslim yang diam ada azan di gereja atau muslim yang kepanasan karena dikumandangkan azan di stadion?” tanya @Vinozein.

Sementara, Rusdi Rais Harahap heran pada orang-orang yang merasa terganggu dengan suara azan, lantas menyalahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan karena memutarnya. “Mereka kepanasan ya dengerin tu azan. Semua salah @aniesbaswedan. Sehat selalu ya pak Anies dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT,” ucap @Rusdi Rais Harahap.

“Itulah mencerminkan kader PSI sangat benci dengan gubernur @aniesbaswedan, apa pun (yang) dilakukan salah terus,” tutup @HeruTrabus. (kba)