PARAH! Bener-bener Tepok Jidat... Setelah Tercyduk Sebar HOAX, Prof. Henry Subiakto Ngeles Foto Hanya Ilustrasi, Yang Penting Pesannya

[PORTAL-ISLAM.ID]  Bener-bener tepok jidat atas kelakuan Prof. Henry Subiakto.

Staf Ahli Kemkominfo sekaligus Guru Besar Fisip Unair ini jadi sorotan netizen setelah twitnya menyebar foto HOAX.

Foto hoax ini diposting Prof. Henry untuk fear mongering "menebar ketakutan" soal konflik politik, perusak kedamaian dan kesatuan, bla bla bla... 

"Anak ini rindu ibunya yg tlh tiada krn perang saudara di Irak. Ia melukis di lantai &  tidur di atasnya. Banyak manusia menderita krn negaranya hancur dilanda konflik politik. Indonesia punya potensi itu, mk kita hrs jaga negeri ini dr jahatnya perusak kedamaian & kesatuan," cuit Henry Subiakto di akun twitter pribadinya @henrysubiakto pada Kamis, 16 Desember 2021.

Media TEMPO pada 2 Desember 2020 telah memuat klarifikasi soal foto ini dengan judul "Keliru, Foto Bocah yang Tidur di Atas Lukisan Ibu yang Disebut Korban Perang Irak."

Begitu juga media lain, seperti AFP Periksa Fakta, pada 9 September 2020, telah menerbitkan berita hoaxnya foto itu dengan judul "Foto itu adalah karya seni yang dibuat seniman Iran dan tidak merefleksikan tragedi apapun".

NAMUN... bukannya minta maaf telah menyebar HOAX dan menghapus twitnya, Prof. Henry ini malah ngelesnya luar biasa. Gak masuk akal. 

Katanya itu foto cuma sebagai ilustrasi. Yang penting pesan dari twitnya.

"Saya akui foto itu salah sejarahnya, tapi pesan utuhnya adalah perang akan bawa penderitaan ke banyak orang, maka kita harus jaga negeri ini agar damai, foto hanya ilustrasi. Bagi orang2 pecinta keributan bukan pesan damainya yang ditangkap, tapi kekeliruan sejarah fotonya yg dianggap pidana," kicay Henry Subiakto @henrysubiakto sambil pakai emo nyengir.

LAH... SIAPA YANG PECINTA KERIBUTAN?

"Yg pecinta keributan tuh lu pak. Dah tau buat hoax bukannya minta maaf malah cari pembenaran, aneh ni orang," balas @Endriyw.

"Bagaimana anda bilang FOTO HANYA ILUSTRASI, sedangkan anda beri narasi atas foto itu sebagai korban perang...semakin anda berargumen semakin anda keliru..ODGJ Berat anda..," balas @DeaVhio.

"MEMALUKAN...Kapan mau gantung diri pak? Ngak pernah ada yg benar twit bpk," komen @RioKreatif99.