OHH Pantesan aja "Sumur Resapan" banyak dinyinyirin BuzzeRp, karena Sumur Resapan "efektif cegah banjir", BuzzeRp pengennya Jakarta tetap banjir

[PORTAL-ISLAM.ID]  Pantesan aja Sumur Resapan banyak dinyinyirin BuzzeRp. Soalnya Sumur Resapan efektif cegah banjir.

Sementara mereka udah nunggu-nungguin munculnya kubangan air untuk bersuara kang kung kang kung, sahut-sahutan antar mereka πŸ˜‚πŸ˜

LIPI: Sumur Resapan Lebih Efektif Cegah Banjir daripada Deep Tunnel

Peneliti Limnologi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Muhammad Fakhruddin mengatakan "Sumur resapan adalah solusi paling efektif penanganan banjir di Jakarta, " katanya.

Ada beberapa hal yang menurut Fakhruddin menjadi dasar kenapa sumur resapan menjadi solusi yang sangat efektif untuk menangani banjir di Jakarta. 

Pertama, sumur resapan sangat efektif meresap air. Kedua, sumur resapan dapat menyerap air dalam waktu sangat singkat sehingga dapat mencegah terjadinya genangan air.

Ketiga, 100 persen air hujan bisa masuk ke dalam sumur resapan. Keempat, sumur resapan sangat sederhana dalam pembuatannya.

"Kelima dan keenam, sumur resapan sangat murah dan tidak mengganggu estetika, " jelas Fakhrudin.

Faktor lain keunggulan sumur resapan dibanding deep tunnel, Fakhruddin melanjutkan, sumur resapan juga dapat digunakan sebagai recharge untuk air tanah. Amblesan tanah di Jakarta dalam 1 tahun rata-rata mencapai lebih dari 25 cm. Sehingga ketika tidak dilakukan upaya antisipatif apapun dalam 25 tahun ke depan, Jakarta akan tenggelam.

"Salah satu fungsi dari sumur resapan adalah mengendalikan amblesan itu. Ada kemungkinan Jakarta bisa dikendalikan agar tidak cepat tenggelam," pungkas Fakhruddin.