Menkes: 3 WN China Yang Datang ke Manado Kasus Probable Omicron

[PORTAL-ISLAM.IDMenkes Budi Gunadi Sadikin menyampaikan Kemenkes telah mendeteksi untuk pertama kalinya satu kasus positif COVID-19 varian Omicron pada Rabu (15/12/2021) malam. 

Menurut Budi, pasien pertama itu berada di Wisma Atlet Jakarta. 

"Saya ingin menginformasikan perkembangan terbaru. Kemenkes tadi malam mendeteksi pasien inisial N terkonfirm Omicron pada 15 Desember 2021. Data-data sudah kami konfirmasi, dan ini sudah data sequencing omicron," kata Budi dalam konferensi pers virtualnya, Kamis (16/12/2021).

Budi membeberkan N adalah pembersih di Wisma Atlet, Jakarta. Pekerja itu positif tanpa gejala.

Selain pekerja tersebut, Kemenkes juga mendeteksi ada lima kasus probable (kemungkinan) terinfeksi varian Omicron. Namun, ia menegaskan sifatnya masih belum bisa dipastikan.

"Kemenkes juga mendeteksi 5 kasus probable Omicron. Jadi belum pasti Omicron tapi karena kita melakukan tes PCR dengan spesifikasi khusus, kita mendeteksi ada 5 kasus probable Omicron," jelas Budi Gunadi dalam konferensi pers virtualnya, Kamis (16/12/2021).

Ia menjelaskan, dua kasus merupakan WNI yang baru pulang dari Amerika Serikat dan Inggris. Keduanya saat ini sedang diisolasi di Wisma Atlet Kemayoran.

"Tiga kasus probable lainnya adalah WNA dari Tiongkok yang datang ke Manado dan sekarang sedang dikarantina di Manado," ucap dia.

Budi Gunadi menegaskan, lima kasus tersebut sifatnya masih probable dan belum tentu terinfeksi varian Omicron.

Meski begitu, sampel mereka sudah dikirimkan ke Balitbangkes untuk dicek lebih lanjut untuk proses whole genome sequencingnya.

"Sampel PCRnya dari lima kasus probable ini sudah dikirimkan ke Balitbangkes dan sedang kami run tes whole genome sequencingnya. Diharapkan dalam 3 hari ke depan kita sudah bisa konfirmasikan apa benar ini Omicron apa bukan," tutup Budi.