Kenapa Timnas Aljazair Kibarkan Bendera Palestina Usai Kalahkan Maroko? Karena Maroko Mendukung dan Membuka Hubungan Diplomatik dengan Israel, Sedang Aljazair Menolak Keras!

[PORTAL-ISLAM.ID] Tim nasional Aljazair mengibarkan bendera Palestina pada hari Sabtu (11/12/2021) setelah mengalahkan Maroko untuk mengamankan tempat di semi-final Piala Arab FIFA di Qatar.

Isyarat solidaritas dengan Palestina muncul setelah Aljazair menyingkirkan Maroko melalui adu penalti (5-3).

Aljazair akan menghadapi tuan rumah Qatar di semifinal yang dijadwalkan akan digelar pada 15 Desember mendatang.

Aksi solidaritas dengan Palestina adalah hal biasa dalam kompetisi olahraga Arab.

Namun sikap Aljazair kali ini memiliki arti khusus dalam konteks sikap terbaru yang diambil negara tersebut dalam menentang normalisasi hubungan diplomatik Maroko dengan Israel, sebuah kesepakatan yang dikecam oleh Palestina sebagai tindakan "pengkhianatan" terhadap perjuangan mereka melawan pendudukan Israel. 

Aljazair telah lama menjadi salah satu negara yang paling vokal di Afrika Utara dalam mendukung Palestina, dan berita bahwa Maroko telah meresmikan hubungan diplomatik dengan Israel memicu kemarahan dari pejabat dan warga Aljazair.

Hal ini kemudian dilampiaskan dengan mengibarkan bendera Palestina saat Timnas Aljazair berhasil mengalahkan Timnas Maroko di Piala Arab FIFA.

Hubungan antara dua tetangga Afrika Utara itu telah tegang dalam beberapa tahun terakhir karena berbagai perselisihan teritorial, dimana Aljazair mengumumkan pada Agustus lalu bahwa mereka secara resmi memutuskan hubungan dengan Maroko.
 
Pembukaan hubungan diplomatik Maroko dengan Israel akhir tahun lalu - sebagai bagian dari dorongan Presiden AS Donald Trump untuk normalisasi di kawasan itu - disertai dengan pengakuan AS atas kedaulatan Maroko atas Sahara Barat, menyalakan kembali ketegangan dengan Aljazair.

Maroko mengklaim kedaulatan penuh atas wilayah itu, sementara Aljazair mendukung tuntutan Front Polisario untuk referendum tentang penentuan nasib sendiri di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

[VIDEO - Aksi Selebrasi Timnas Aljazair]