dr. Tifa: Kenapa Dinamakan Omicron? Padahal Seharusnya "NU" atau "XI"

OMICRON ini nama Film Italy yang direlease Tahun 1963.

Sebuah Film science fiction yang menceritakan tentang alien yang mengambil alih tubuh manusia untuk mempelajari lebih banyak informasi tentang Bumi, sehingga memudahkan rasnya untuk akhirnya menyerang planet ini.

Anda bisa baca sinopsis lengkapnya di Wikipedia. https://en.wikipedia.org/wiki/Omicron_(film)

Yang mau saya bahas bukan soal betapa kebetulannya, nama Varian Baru Covid ini oleh WHO dinamakan Varian OMICRON.

Tetapi ada hal yang lucu dalam latar belakang pemberian nama Varian ini. 

Setelah Variant of Concern sepanjang tahun 2021 sudah release yaitu Delta, Delta Plus, Lambda, dan terakhir MU. 

Maka semestinya nama Varian baru yang muncul adalah NU atau XI, sesuai dengan urutan alfabet Yunani, yang disepakati WH0 digunakan untuk menamai varian-varian Covid yang muncul di dunia. 

Ketika ditanya oleh wartawan, mengapa varian yang baru ini tidak diberi nama NU atau XI, Pak Tedros sang Dirjen WH0 menjawab. 

Kalau diberi nama NU, pengucapannya akan seperti NEW dalam bahasa Inggris, khawatir nanti dianggap sebagai Virus yang baru sama sekali. Maka alfabet NU diloncati. 

Hmm, sebuah argumentasi yang sebetulnya sangat debatable, bukankah seluruh dunia sudah tahu kalau WH0 menamai varian dengan alfabet Yunani? Jadi kalau NU dipilih sebenarnya tidak masalah bila pengucapannya seperti NEW. 

Kemudian mengapa tidak dipilih alfabet berikutnya yaitu XI, jawaban Tedros lebih lucu lagi. 

Menurutnya, abjad XI, sudah sering dipakai menjadi nama Marga di Tiongkok, sehingga takutnya penamaan Varian menjadi Xi, mengkonotasikan ke arah Etnis/Ras tertentu. 

Lha, padahal kan kebetulan saja toh Alfabet Yunani punya Xi dan alfabet Tiongkok juga punya Xi. 

Penduduk di Kalahari, suku Bushman juga banyak yang nama marganya Xi, seperti Xi Xaou yang sangat terkenal dalam Film Komedia fenomenal "The Gods Must Be Crazy". 

Saya rasa orang Bushman tidak akan merasa tersinggung kalau XI dipakai sebagai nama Varian baru. Toh maksudnya bukan ingin rasist kepada orang Bushman. 

Nah ketemu... kan waktu jadi ingat. Oh iya, Penyandang Dana Terbesarnya WH0 kan memang China, dimana Presidennya, kebetulan saja bermarga Xi, Pak Xi Jinping. 

Nah rupanya Tedros takut sekali kalau Varian baru ini kemudian menjadi Varian XI, maka China marah-marah dan lalu tersinggung dan terus menghentikan Dana nya ke WHO. 

Walah ya memang runyam kalau begini toh? Runyam buat WH0 maksudnya.

Nah jadilah Varian Akhir Tahun 2021 ini dinamakan OMICRON, huruf kelimabelas alfabet Yunani. 

Dan kok ya kebeneran sama dengan nama Film yang dirilis 58 tahun yang lalu. 

Yang saya sampaikan di atas itu versi lucu-lucuannya dari Varian baru  ini, OMICRON. 

Versi yang serius, yang jauh dari lucu, yang ilmiah, yang membukai jatdiri sebenarnya dari Covid, akan saya jelaskan pada Webinar hari Sabtu, 4 Desember 2021.

(dr. Tifa)