Dakwah ala Voice of Baceprot, Bule-bule Diceramahin Soal Hijab 👍

Dakwah ala Voice of Baceprot

Oleh: Dahnil Anzar Simanjuntak

Voice of Baceprot, Atau Band Metal Baceprot. Band Metal asal Garut yang diawaki 3 Perempuan berhijab ini menarik perhatian saya. Mereka Unik, Membanggakan. Bagai Duta Indonesia, menunjukkan dan memperkenalkan khazanah Islam di Indonesia, dimana para perempuan-perempuan Islam (Muslimah) bebas berkreasi di semua bidang di negeri ini, dengan identitasnya masing-masing. 

Tengok, bagaimana mereka "berdakwah" menjelaskan identitas pakaian hijab mereka. Sadar atau tidak sadar secara tidak langsung, sejatinya, mereka menjelaskan dan mengajak dunia untuk menengok Islam ke Indonesia, tidak melulu memotret Islam di Timur Tengah.

Saya berkesempatan 5 Tahun, sejak 2013-2018 menjadi President Religion for Peace Youth Interfaith Network (RfP-YIN) sebagai wakil Islam Asia, melalui lembaga dialog lintas agama dunia tersebut saya banyak terlibat dialog lintas agama dan berusaha keras untuk mengajak dunia menggeser pandangan tentang Islam tidak hanya ke Timur Tengah, tapi tengok juga lah ke Indonesia dengan berbagai keunikannya. 

Hari ini, ketika saya menengok 3 anak muda berhijab ini, kok seolah pesan itu lebih efektif cepat nyampai ke kelompok-kelompok sasaran yang memang literasinya terkait Islam sangat rendah, karena melihat Islam sekedar dari berita-berita media barat yang sering memojokkan dan mengambarkan wajah Islam yang penuh kekerasan dan berbagai streotyp lainnya. Terimakasih Baceprot. Kalian Kereeeeeen dan Membanggakan. Terus berkarya......Metaaaaaaal.

[VIDEO]