Studi Internasional: Puasa 2 Hari Dalam Seminggu (Senin-Kamis) Dapat Membantu Orang Gemuk Mengatasi Berat Badan

[PORTAL-ISLAM.ID]  CNN Internasional mempublikasikan hasil studi terbaru terkait manfaat puasa dua hari dalam seminggu.

"Fasting 2 days a week can help obese people keep off the weight with modest results, study finds" -- Puasa 2 hari seminggu dapat membantu orang gemuk mengatasi berat badan dengan hasil yang sederhana, studi menemukan.

Demikian judul dari berita CNN yang terbit pada 17 November 2021

Dalam berita itu disebutkan puasa dua hari dalam seminggu dengan istilah "Diet 5:2". Maksudnya 5 hari tidak puasa, 2 hari puasa.

Diet 5:2, sejenis puasa intermiten, para peneliti menemukan bahwa pendekatan tersebut, yang melibatkan dua hari pembatasan kalori (500 kalori untuk wanita, 600 kalori untuk pria) dan lima hari makan yang masuk akal, dinilai lebih efektif untuk orang gemuk dalam penelitian ini karena mudah dilakukan. 

"Di sini kami dapat memberikan hasil pertama tentang efektivitas saran diet sederhana 5:2 dalam pengaturan kehidupan nyata. Kami menemukan bahwa meskipun diet 5:2 tidak lebih unggul daripada pendekatan tradisional dalam hal penurunan berat badan, pengguna lebih menyukai pendekatan ini (diet 5:2) karena lebih sederhana dan lebih menarik," kata Katie Myers Smith, psikolog kesehatan dan peneliti senior di Queen Mary University of London, dalam sebuah pernyataan berita. Dia adalah seorang penulis studi yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah PLOS ONE.


HASIL STUDI tentang manfaat Puasa 2 Hari Dalam Seminggu (dalam Islam dikenal dengan Puasa Senin-Kamis) ditanggapi ramai netizen.

Bahkan ada yang menanggapi dengan meme bergambar Mr. Bean, dimana Islam dan Sunnah menjadi rujukan (contekan) oleh Science 😂