Jakarta Masuk 50 Kota Terbaik di Dunia dalam Penanganan Covid

[PORTAL-ISLAM.ID] Jakarta masuk dalam 50 kota di dunia dengan penanganan Covid-19 terbaik dan tercatat lebih unggul dari beberapa kota besar dunia seperti Moskow, Paris, Shanghai, maupun Los Angeles dalam beberapa kategori.

Hal inu sebagaimana disebutkan dalam laporan berjudul COVID-19 City Safety Rankings Q2/2021: Benchmarking of Municipal Pandemic Response - Vaccines, Economy, Prevention, Governance, Safety yang diterbitkan Deep Knowledge Analytic (DKA).

DKA mengungkapkan penelitian ini fokus pada penanganan pandemi Covid-19 tingkat kota di dunia. Dalam laporan ini, secara keseluruhan mereka menggunakan lebih dari 8.000 data, menerapkan kerangka kerja analisis terhadap 114 indikator, dan diklasifikasikan ke dalam 5 kategori.

"Penelitian ini sangat penting karena mencerminkan pengalaman sebelumnya dengan realitas baru. Kota-kota itu telah belajar untuk menangani Covid," sebagaimana dikutip dari laporan tersebut dikutip Rabu (10/11/2021).

Adapun kategori-kategori itu adalah ketahanan ekonomi, efisiensi pemerintah, manajemen kesehatan, efisiensi karantina, dan tingkat vaksinasi. Kategori tersebut lantas diterapkan ke 72 kota dan kotamadya dari seluruh dunia. Hanya 50 kota dengan skor tertinggi yang disebut dalam laporan ini.

Pada ranking secara keseluruhan, Jakarta berada di urutan ke 47 dari 50 negara dengan skor 51.43. Di bawah Jakarta adalah Ankara, Bucharest, dan Lisbon.

Namun, Jakarta tercatat masih jauh tertinggal dari Singapura yang menempati urutan kedua dengan skor 71.69.

Pada kategori Ketahanan Ekonomi, Jakarta berada di urutan ke 38 dengan skor 11.05, mengalahkan beberapa kota besar seperti Paris di urutan 39, Shanghai di urutan 40, Beijing di nomor 42, dan Kuala Lumpur di nomor 44.

Jakarta kemudian menempati urutan ke 45 pada kategeri Efisiensi Pemerintah dengan skor 10.61, berada tepat di atas Moscow dan Shanghai. Meski demikian, Jakarta tertinggal jauh dari Kuala Lumpur yang memperoleh skor 13.43 di urutan ke 19.

Pada kategori Manajemen Kesehatan, Jakarta berada di urutan ke 48 dengan skor 9.17, mengalahkan Los Angeles dan Lisbon di posisi terbawah.

Dalam kategori Efisiensi Karantina, Jakarta menempati ranking ke 33 dengan skor 12.81. Pada kategori ini, posisi Jakarta mengalahkan beberapa kota besar seperti New York, Roma, Amsterdam, Paris, Kuala Lumpur, dan Doha.

Sementara, pada kategori Tingkat Vaksinasi, Jakarta menjajaki urutan ke 41 dengan skor 7.78. Pada kategori ini, Jakarta unggul dari beberapa kota seperti Hong Kong, Riyadh, dan Oslo.

DKA berharap lapiran mengenai peringkat beberapa kota dalam merespon pandemi Covid-19 ini bisa memberijan wawasan mengenai kepemimpinan, ekonomi, kesehatan, dan membantu kota-kota dan negara bagian di dunia dalam menentukan kesiapan mereka.

"Untuk mencapai inklusi, ketahanan, dan keberlanjutan di kota melalui analisis independen yang diberikan," bunyi laporan tersebut.

(Sumber: CNN)