Golkar Konsolidasikan Dulu Gaet Anies di Pilpres 2024

[PORTAL-ISLAM.ID]  JAKARTA - Dukungan agar Anies Baswedan maju ke panggung Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang mulai nampak diperlihatkan sejumlah partai politik (parpol).

Partai Golkar seperti memberikan isyarat mendukung Gubernur DKI Jakarta ini ikut pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Karena, Partai yang dipimpin Ketua Umum Airlangga Hartarto ini mengundang Anies dalam perayaan HUT ke-57 partai beringin yang berlangsung kemarin, Minggu (31/10/2021).

Undangan Golkar kepada Anies tersebut mengundang persepsi publik bahwa Golkar bakal meminang Anies Baswedan di 2024.

Disinggung mengenai hal tersebut, Ketua DPP DKI Jakarta Partai Golkar, Ahmad Zaki menyampaikan, untuk saat ini partainya belum membicarakan soal 2024.

"Kita belum berbicara 2024 karena masih cukup panjang," kata Zaki saat dijumpai usai perayaan HUT Golkar ke-57, Jalan Pegangsaan Barat, Jakarta Pusat, Minggu (31/10/2021).

Selain itu, Partai Golkar juga akan melakukan konsolidasi di internal partai terlebih dahulu.

"Yang kedua konsolidasi internal terlebih dulu. Jadi partai Golkar masih melaksanakn konsolidasi internal untuk persiapan tahun depan," katanya.

Ahmad Zaki juga menimpali pantun yang dilontarkan Anies Baswedan yang dianggap sebagai kode agar diundang kembali oleh Partai Golkar. Zaki menanggapinya diplomatis.

"Artinya setiap event kita juga menghargai dan menghormati beliau sebagai pimpinan daerah dan juga pembina parpol. Secara harafiah silaturahmi ini tetap terjaga," ujarnya. 

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, dalam kesempatan tersebut berharap agar partai dengan usia lebih dari setengah abad itu bisa semakin maju dan solid.

"Dan bisa menjadi salah satu contoh kematangan berdemokrasi," kata Anies di lokasi. 

Anies melanjutkan, tempat manapun yang menjalani proses demokratisasi selalu menghadapi tantangan. Namun demikian, kata dia, pilar yang mampu menyelesaikan tantangan tersebut adalah partai itu sendiri yang telah matang dalam berpolitik

"Partai politik yang di dalamnya berdiri politisi, bisa mengelola berbagai macam aspirasi dan punya kapasitas teknokratis," lanjut dia.

Sesuai namanya, menurut Anies, Golkar dengan membawa aksen ‘karya’ dalam namanya harus mampu menjaga orientasi tersebut. Utamanya, dengan memberikan hasil demokrasi yang bisa dirasakan oleh masyarakat.

"Jadi kami ucapkan selamat dan mudah-mudahan program ulang tahunnya yang begitu banyak tadi berorientasi kepada masyarakat. Insya Allah akan bisa memberikan manfaat," jelas Anies.(*)