Viral Menpora Sebut Fajar/Rian Tak Dikenal Publik Sebelum Juara Piala Thomas

[PORTAL-ISLAM.ID]  Menpora Zainudin Amali menjadi sorotan di media sosial usai dirinya memberi komentar kepada pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Piala Thomas. Ia menyebut bahwa Fajar/Rian sebelumnya tak dikenal.

Fajar/Rian turut menyumbang poin kemenangan kala Indonesia menumbangkan China dengan skor 3-0 di final Piala Thomas yang digelar di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10) lalu. Mereka adalah wakil RI yang main kedua setelah Anthony Ginting.

Fajar/Rian berhasil menaklukkan pasangan China, He Ji Tzing/Zhou Hao Dong, dalam dua gim langsung dengan skor 21-12 dan 21-19. Itu memberi Indonesia keunggulan 2-0.

Sebelumnya, Anthony Ginting bisa mengalahkan Lu Guang Zu via duel 3 gim. Sementara itu, titel juara dipastikan setelah Jonatan Christie menekuk Li Shi Feng via pertandingan tiga gim.

Dengan hasil tersebut, Indonesia berhak mengangkat trofi juara Piala Thomas pertamanya dalam 19 tahun. Kali terakhir skuad 'Merah Putih' menjuarai kejuaraan tersebut sebelumnya adalah pada 2002.

Akan tetapi, capaian ini agak tercoreng setelah Menpora Zainudin Amali mengatakan bahwa Fajar/Rian sebelumnya tak dikenal dalam sebuah wawancara di sebuah stasiun tv.

"Fajar dan Rian, ya, sebelum-sebelumnya, kan, publik itu tidak kenal dengan mereka dan kali ini mereka bahkan menang dalam dua set langsung," kata Amali dalam cuplikan yang tersebar di media sosial.


Pernyataan Amali sontak membuat netizen naik pitam karena hal itu menunjukkan ketidakpeduliannya sebagai seorang Menpora kepada para atlet Indonesia.

"Menpora di TV: 'Fajar-Rian ya, kita tdk begitu kenal dgn mereka...' OMG.. mereka udah bbrp kali memenangkan Indonesia di turnamen pak..," tulis @wita_desandri di Twitter.

"Atlet berprestasi dan bermain bulu tangkis salah satu cabang olahraga favorit Indonesia, dia gak mengenal. Lalu bagaimana dengan atlet yang belum berprestasi, dari cabang olahraga yang tidak favorit, dan masih butuh dukungan? Mungkin dia tidak peduli," kicau @ManWinterman.

"Bagaimana pak mentri @KEMENPORA_RI mau urus hal besar, membedakan mana pemain tunggal dan ganda aja gagal lagian fajar rian itu dobel peringkat 7 dunia pak mentriiiii dah lama terkenal, bapak aja yg gak kenal!!" cuit @andar_sihombing.

Ya, Fajar/Rian adalah ganda putra peringkat tujuh dunia. Khusus Fajar sendiri, dirinya memiliki rekor 259 laga di nomor ganda putra dengan 179 kemenangan.

Sederet prestasi mentereng juga telah berhasil diraih Fajar/Rian, di antaranya adalah menjuarai Malaysia Masters 2018, Syed Modi International 2018, Swiss Open 2019, dan Korea Open 2019.[kumparan]