Sejak Dibuka Kembali Sebagai Masjid, Setiap Hari Ada Yang Masuk Islam di Hagia Sophia

[PORTAL-ISLAM.ID] ISTANBUL - Pada 2020, pengadilan tinggi Turki membatalkan dekrit Kabinet 1934, kleputusan ini membawa Hagia Sophia kembali menjadi masjid setelah 85 tahun hanya menjadi museum.

Masjid Hagia Sophia resmi dibuka kembali sebagai tempat ibadah dengan pelaksanaan sholat Jumat perdana pada 24 Juli 2020 yang dihadiri langsung Presiden Erdogan.

Sejak dibukanya kembali Hagia Sophia sebagai masjid, banyak sekali datang jamaah dan pengunjung dari mancanegara. Bahkan setiap hari ada yang masuk Islam di masjid Hagia Sophia.

Hal ini disampaikan oleh Feruh Mustuer Imam Masjid Hagia Sophia seperti dilansir Anadolu (7/10/2021).

"Sejak Masjid Hagia Sophia kembali dibuka untuk ibadah, warga sangat antusias datang ke sini dan sudah lebih dari 3.5 juta orang telah mengunjungi masjid ini," kata Feruh Mustuer Imam Masjid Hagia Sophia.  

"Jumlah pengunjung pada Jumat, Sabtu dan Minggu melebihi 30 ribu orang," lanjutnya.

"Minat warga lokal dan mancanegara terhadap masjid ini tidak berubah dan terus meningkat,  suasananya masih sama seperti waktu awal dibuka kembali sebagai tempat ibadah," tuturnya.

"Masjid Hagia Sophia adalah tempat ibadah simbolik, yang menjamu pengunjung dari berbagai belahan dunia. Tiap hari pengurus masjid ini membimbing dan menjadi saksi 2-3 orang masuk Islam," ujar Feruh Mustuer Imam Masjid Hagia Sophia.

Ada seorang warga Kanada takjub saat melihat Hagia Sophia, lalu meneliti Islam dan meresapinya, dan berkata, 'Saya ingin masuk Islam di Hagia Sophia'.

SIMAK SELENGKAPNYA VIDEO: