Pelatih Sepak Bola Top Prancis Masuk Islam

[PORTAL-ISLAM.ID] Bagi penggemar sepak bola dunia, mungkin sudah tidak asing dengan nama Phillipe Troussier. Dia asal Prancis dan pernah menjadi pelatih salah satu klub sepak bola top di negeri mode itu, yakni Olympique de Marseille. 

Tapi namanya lebih moncer di luar negeri. Berbagai negara pernah dilatihnya.

Philippe Troussier pernah mendapat predikat Pelatih Terbaik Asia saat membesut Jepang.

Dijuluki sebagai dokter penyihir putih, Troussier memang memiliki sentuhan magis kala membawa Jepang menjadi juara Piala Asia 2000. Atas pencapaian itu juga, Troussier pun mendapat penghargaan sebagai pelatih terbaik Asia pada tahun 2000.

Rupanya gelar tersebut memang bukan isapan jempol belaka, soalnya setahun berikutnya, Troussier sukses membawa Jepang ke final Piala Konfederasi 2001. Puncaknya, Troussier menciptakan sejarah dengan mengantarkan Jepang ke 16 besar Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Atas pencapaian itu, nama Troussier pun ditakuti di kancah Asia sehingga membuat banyak negara meminangnya.

Selain Jepang, ia pernah menangani tim nasional beberapa negara seperti Afrika Selatan, Nigeria, Pantai Gading, Burkina Faso, Qatar, Vietnam, dan Maroko.

Di antara tim nasional dan klub sepakbola yang pernah di tangani Phillipe, mungkin paling berkesan adalah Maroko. Di sinilah ia menemukan Islam. 

Ingin tahu lanjut, simaklah videonya di sini...

[VIDEO]