Paling Dicari Taliban, Mantan Pengawal Presiden Bersembunyi di Ruang Bawah Tanah Setelah Klaim Punya Bukti Rekaman Video Ashraf Ghani Bawa Tas Penuh Uang

[PORTAL-ISLAM.ID] Desas-desus bahwa mantan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani membawa tas berisi banyak uang meninggalkan negara itu pada Agustus lalu, kembali mencuat setelah mantan pengawalnya mengungkap cerita sebenarnya kepada media Inggris.

Pengawal yang diidentifikasi sebagai Brigadir Jenderal Piraz Ata Sharifi mengatakan kepada media Inggris Daily Mail bahwa dia memiliki rekaman kamera keamanan untuk membantah penyangkalan Ghani.

"Saya memiliki rekaman yang menunjukkan bahwa seseorang di Bank Afghanistan membawa banyak uang kepada Ghani sebelum dia pergi," kata pria itu dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada hari Jumat, seperti dikutip dari Russian Today, Minggu (10/10).

“Ratusan juta, mungkin miliaran dolar. Ada banyak tas besar, dan berat,"  katanya.

Ghani dan keluarganya melarikan diri dari istana kepresidenan dan terbang ke Uni Emirat Arab pada 15 Agustus, saat gerilyawan Taliban memasuki Kabul.

Ghani akhirnya membuat pernyataan publik tiga hari kemudian, dia membantah laporan bahwa dia telah meninggalkan jabatannya dan membawa uang curian bersamanya, dengan mengatakan dia meninggalkan negaranya hanya dengan pakaian dipakainya untuk menghindari pertumpahan darah yang akan dihasilkan dari perebutan kekuasaan.

Dia juga kemudian mengeluarkan penolakan lain pada bulan September, dengan mengatakan tuduhan korupsi terhadapnya sepenuhnya salah.

Kedutaan Besar Rusia di Kabul adalah yang pertama melaporkan bahwa Ghani meninggalkan negara itu dengan empat mobil dan satu helikopter penuh uang.

"Dia telah mengambil begitu banyak uang, pada kenyataannya, bahwa beberapa telah ditinggalkan karena tidak akan muat di pesawat," kata juru bicara kedutaan Nikita Ishchenko mengatakan pada saat itu, menurut Kantor Berita RIA Novosti.

Kedutaan Besar Afghanistan di Tajikistan kemudian menuntut penangkapannya, mengatakan dia mencuri 169 juta dolar AS dari kas negara.

Sharifi bercerita kepada Daily Mail bahwa dia pergi ke Kementerian Pertahanan Afghanistan pada 15 Agustus untuk sebuah pertemuan yang seharusnya dihadiri Ghani.

Sebagai kepala bagian keamanan presiden, adalah tugasnya untuk melucuti para penjaga di kementerian untuk memastikan keselamatan Ghani. Tetapi sambil menunggu panglima datang, sang jenderal mendapat telepon yang menunjukkan bahwa Ghani malah kabur pergi ke bandara.

VIP lainnya, seperti menteri pertahanan dan anggota rombongan Ghani, juga termasuk dalam evakuasi rahasia, tetapi Sharifi mengklaim bahwa dia tidak pernah diberi tahu tentang rencana pelarian itu.

“Mereka baru saja melarikan diri dan meninggalkan saya,” katanya.
Mantan pengawal itu mengatakan bahwa uang yang dicuri oleh Ghani seharusnya digunakan untuk pasar pertukaran mata uang.

"Ghani pada akhirnya tahu apa yang akan terjadi, jadi dia mengambil semua uang itu dan melarikan diri," lanjutnya.

Meskipun mengatakan bahwa dia memiliki rekaman yang berpotensi memberatkan Ghani dan rekan-rekannya, Sharifi belum mau terburu-buru untuk merilisnya. Dia mengatakan bahwa dia akan mempublikasikan video itu begitu dia berada di tempat yang aman di tanah Inggris.

Saat ini, Sharifi dilaporkan bersembunyi di ruang bawah tanah di Afghanistan. Dia mengatakan dia dicari oleh Taliban, dengan kelompok militan menawarkan hadiah yang setara dengan hampir 14.000 dolar AS untuk informasi yang mengarah pada penangkapannya. 

Di ruang bawah tanahnya, dia berkata kepada wartawan Daily Mail: 'Saya tidak memiliki 300 senjata seperti yang diklaim Taliban, tetapi saya memiliki satu senjata dan satu peluru.'

'Jika Taliban datang ke sini, saya akan bunuh diri. Jika mereka menangkap saya, mereka akan tetap membunuh saya.'

Sharifi telah menjadi perwira militer selama lebih dari dua dekade dan bergabung dengan pasukan keamanan istana kepresidenan pada tahun 2005, gajinya dibayar oleh pemerintah AS.

(Sumber: DailyMail, RMOL)
Baca juga :