Jakarta Internasional Stadium (JIS) Jadi Stadion Pertama di Indonesia Raih Sertifikat Green Building Platinum

[PORTAL-ISLAM.ID]  Jakarta International Stadium (JIS) jadi stadion pertama di Indonesia yang memperoleh sertifikat green building level platinum. JIS menyandang predikat bangunan yang ramah lingkungan level tertinggi.

Salah satu faktor JIS meraih predikat tersebut karena menggunakan rumput hybrid sesuai standar FIFA. Baik pada stadion utama yang pengerjaannya sudah mencapai 50% per 1 Oktober 2021. Juga pada 2 Lapangan Latih JIS yang telah diresmikan 28 Desember 2020 lalu.

Komposisi dari rumput hybrid ini, 5% adalah rumput sintetis berjenis Limonta dan 95% rumput alami dengan jenis Zoysia Matrella yang didatangkan langsung dari Boyolali, Jawa Tengah. “Uniknya lagi, perawatan rumput alami berjenis Zoysia Matrella, tidak menggunakan pestisida, melainkan burung kaki bayam,” tulis akun Facebook @Pemprov DKI Jakarta, Jumat (15/10/2021).

Fakta menarik lain mengenai kualitas rumput hybrid JIS, adalah sistem drainase yang canggih membuat lapangan anti becek meskipun hujan lebat. Lapangan dapat digunakan hingga 1.000 jam pertandingan dalam setahun atau 2x pertandingan dalam sehari.

“Rumput hybrid juga digunakan di stadion klub raksasa Eropa seperti Stadion Allian Arena milik Bayern Muenchen dan Wanda Metropolitano Stadium milik Atletico Madrid.