Demi Merajut Toleransi dan Nasionalisme, Ceramah Pak Kyai di Mabes Polri Kok Gini-gini Amat Ya

[PORTAL-ISLAM.ID]  Di media sosial viral ceramah KH. Abd Syakur Yasin, MA (Buya Syakur) yang merupakan Pengasuh Ponpes Cadangpinggan Indramayu.

"Ceramah-ceramah model begini malesin. Hanya agar cocok ama tema dan audience, tafsir quran dan hadist diacak-acak semaunya. Suram," ujar @awemany mengomentari video yang beredar di Twitter, Ahad (31/10/2021).

Ceramah tersebut di Mabes Polri Jakarta dengan tema "Moderasi Beragama Merajut Nasionalisme & Toleransi Beragama".

Dalam ceramahnya, KH. Abd Syakur Yasin mengatakan soal kalimat La Ilaha Illallah.

"Ide besarnya Nabi Muhammad untuk membangun Persatuan, La Ilaha Illallah sebagai simbol bahwa kita dalam kesetaraan. Tetapi kemudian dalam perjalanan peradaban Umat Islam ini bergesar, ucapan La Ilaha Illallah menjadi kunci masuk surga." 

"Memang Nabi menjamin 'Barangsiapan yang mendukung Persatuan dijamin masuk surga'. Mendukung Persatuan. Sekarang menjadi 'Barangsiapa yang akhir ucapannya sebelum meninggal ucapannya La Ilaha Illallah masuk surga'. Ini menjadi tidak masuk akal. Masa masuk surga dengan ucapan? Memangnya film Berbi? Memangnya film Aladin? Jadi yang dijamin masuk surga itu yang mendukung Nabi dalam rangka membangun Persatuan," kata KH. Abd Syakur Yasin. 

Dari penulusuran redaksi portal-islam.id, acara tersebut pada 1 Juni 2021 di Mabes Polri.

"Buya Syakur ini sesepuhnya liberal, memang biasa bicara Agama dg main akal2lan & lihai bermain retorika. Hati2 jangan terkecoh, beliau cuma dijadikan pion dari program moderasi agama yg merupakan kelanjutan dari Islam Nusantara," ujar Habib Abubakar Assegaf dalam twitnya.

Berikut video cuplikan dan video FULL..

[Video cuplikan]
[VIDEO FULL]