ALHAMDULILLAH... Mulai 17 Oktober Masjidil Haram dan Masjid Nabawi akan kembali Full Kapasitas, tidak ada lagi jaga jarak pada shaf sholat dan tawaf

[PORTAL-ISLAM.ID] Alhamdulillah Masjidil Haram (Mekkah) dan Masjid Nabawi (Madinah) akan kembali full kapasitas, tidak ada lagi sosial distancing (jaga jarak) pada shaf sholat dan tawaf. 

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengumumkan pada hari Jumat (15/10/2021), bahwa Arab Saudi akan melonggarkan pembatasan COVID-19 mulai Ahad 17 Oktober. Hal ini sebagai tanggapan atas penurunan tajam dalam infeksi harian dan perkembangan yang cukup besar dalam vaksinasi.

Pemerintah akan mencabut langkah-langkah jarak sosial dan akan mengizinkan kehadiran dengan kapasitas penuh di dua Masjid Suci negara itu di Mekah dan Madinah bagi mereka yang telah menggunakan vaksin dosis penuh, tambah kementerian itu.

Pihak berwenang juga mencabut aturan pembatasan pada orang yang divaksinasi penuh di tempat-tempat tertutup, pertemuan, transportasi, restoran, dan bioskop.

Masker tidak lagi wajib di tempat-tempat umum terbuka, namun masih dikenakan di tempat-tempat tertutup, tambahnya.

Kementerian Kesehatan Kerajaan juga mengumumkan persetujuan 6 vaksin untuk masuk wilayah Arab Saudi, yaitu Pfizer-Biontech, Moderna, Oxford AstraZeneca, Johnson, Sinopharma dan Sinovac, menurut pernyataan kementerian sebelumnya.

Hingga Jumat, Arab Saudi telah mencatat total 547.845 kasus virus corona, termasuk 8.758 kematian, dan 536.859 kasus pemulihan.

(Sumber: Reuters)