Taliban Selangkah Lagi Kuasai Ibu Kota Afghanistan

[PORTAL-ISLAM.ID]  KABUL - Taliban telah membuat kemajuan pesat selama beberapa hari terakhir dengan menguasai 15 dari 34 ibu kota provinsi Afghanistan.

Setelah berhari-hari bentrokan hebat, kelompok pemberontak merebut kota terbesar kedua dan ketiga di Afghanistan, Kandahar dan Herat pada Kamis, dan bergerak maju ke tiga ibu kota provinsi lagi pada Jumat pagi.

"Taliban telah menguasai Pul-e-Alam, ibu kota Provinsi Logar Timur, yang terletak kurang dari 90 kilometer dari Kabul," kata juru bicara kelompok itu Zabihullah Mujahid lewat Twitter.

Dia mengatakan markas polisi dan penjara umum di pusat Logar telah "ditaklukkan,"

Selain itu, sejumlah tentara telah menyerah dan banyak senjata, termasuk dua tank, telah disita Taliban.

Bentrokan sedang berlangsung di bagian selatan Pul-e-Alam, yang merupakan provinsi asal Presiden Afghanistan Mohammad Ashraf Ghani.

Sebelumnya, Taliban menguasai Feroz Koh, ibu kota Provinsi Ghor Tengah, serta Qala-e-Nau, ibu kota Provinsi Badghis Barat.

Pul-e-Alam adalah ibu kota provinsi ke-15 yang dikuasai sepenuhnya atau sebagian oleh Taliban, setelah Kandahar, Lashkargah, Herat, Feroz Koh, Qala-e-Nau, Ghazni, Fayzabad, Aybak, Zaranj, Sheberghan, Kunduz, Pul- e-Khumri, Taluqan, dan Sar-e-Pul.

(Sumber: Anadolu)